Unram dan CBSUA Filipina Jajaki Kerjasama Riset -->

Unram dan CBSUA Filipina Jajaki Kerjasama Riset

Selasa, 02 Mei 2023, Selasa, Mei 02, 2023

 

FOTO. Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo saat menerima puluhan mahasiswa CBSUA negara Filipina di Ruang Sidang Rektorat Unram. 








MATARAM, BL - Universitas Mataram (Unram) kembali kedatangan tamu internasional. Kali ini, mahasiswa Central Bicol State University of Agriculture (CBSUA), negara Filipina. 


Nantinya, para mahasiswa itu akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di Unram selama satu bulan. 


Serah terima mahasiswa CBSUA, negara Filipina itu berlangsung di Ruang Sidang Rektor, Rektorat Unram. Masing-masing mahsiswa itu, yakni delapan  mahasiswa itu berasal dari College of Development Education dan dua orang mahasiswa itu, dari College of Agriculture and Natural Resources. 


Kedatangan mahasiswa CBSUA didampingi oleh tiga orang delegasi, yaitu Dr. Marilyn Balderas (Dean of College Agriculture and Natural Resources), Dr. Emma Jarcia (Program Chairperson of Bachelor of Science in Agriculture Program), dan Dr. Darrel Ocampo (Lecturer, College of Development Education).


Kunjungan tersebut membahas secara lanjut terkait kolaborasi-kolaborasi yang akan dilakukan Unram dengan CBSUA. Di mana saat ini terdapat program kerjasama yang sedang berlangsung, yaitu International Credit Transfer Program (ICTP) atau program pertukaran mahasiswa selama satu bulan.


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, mengatakan, bahwa kolaborasi ini merupakan langkah awal yang baik, terutama bagi generasi muda dengan dikirimnya mahasiswa Unram dan CBSUA untuk memperkuat relasi dan kerjasama kedua negara.


“Kita perlu mengecek kualitas pendidikan dan penelitian kita apakah serupa. Jadi dengan pertemuan ini Unram bisa meningkatkan kerjasama dengan CBSUA, yang memungkinkan kita bisa membuat program Joint Degree atau bahkan Double Degree,” ujar Prof. Bambang dalam sambutannya, Selasa (2/5). 


Sementara itu, delegasi CBSUA, Dr. Marylin Balderas menanggapi positif pernyataan Rektor Unram, ia berharap Unram dapat membantu dalam penandatangan MoA (Memorandum of Agreement) untuk implementasi program ICTP lebih lanjut.


“Kami juga telah menawarkan MoA kami dengan program pertukaran fakultas jika Unram setuju, karena kami ingin membacakan terlebih dahulu nota kesepahaman kami yang kami buat. Dan tidak hanya itu, kami juga ingin berkolaborasi dalam riset,” ujarnya.


Marylin yang menjabat Dekan Fakultas Pertanian dan Sumber Daya Alam CBSUA itu, menawarkan kolaborasi dengan tiga  program sarjana yang ada di CBSUA, yaitu Bachelor of Science in Agriculture, Bachelor of Agricultural Technology, and Bachelor of Science in Agroforestry. 


Marylin menyebutkan bahwa CBSUA ingin terhubung dengan fakultas-fakultas terkait di Unram, seperti Fakultas Pertanian dan fakultas yang lainnya.


Hal itu menyusul, Unram dan CBSUA sama-sama menggencarkan internasionalisasi. Karena itu, Marylin menginginkan kedua universitas untuk memperkuat kolaborasi di bidang akademik dan riset. 


Terpisah, Ketua Kerjasama Internasional FKIP Unram, Ahmad Junaidi, Ph.D, mengatakan, rencana-rencana kerjasama ke depan yang dapat dilakukan Unram dan CBSUA, seperti pelatihan instruksional bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unram.


"Selanjutnya, kolaborasi penelitian antara dosen Unram dan CBSUA, yang diharapkan dapat berjalan tahun ini," tandas Ahmad Junaidi. (R/L..).

TerPopuler