Bukti Kematangan Politik Puan Dibalik Penetapan Ganjar Capres PDIP -->

Bukti Kematangan Politik Puan Dibalik Penetapan Ganjar Capres PDIP

Senin, 24 April 2023, Senin, April 24, 2023

 

FOTO. Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat berfoto selfie bersama Megawati, Presiden Jokowi usai penunjukan Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP di Pemilu 2024. 






MATARAM, BL - Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri akhirnya menunjuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk berlaga di Pilpres 2024 sebagai calon presiden mewakili PDIP. 


Megawati juga menugaskan kedua anaknya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani untuk memenangkan Ganjar Pranowo sekaligus PDIP di Pemilu mendatang.


"Selanjutnya saya menugaskan Mas Prananda Prabowo selaku kepala situation room dengan memberi mandat untuk melakukan monitoring dinamika politik nasional. Bagaimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk pemilu 2024," kata Megawati di kediaman Bung Karno di Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).


Sementara Puan bertugas menyusun timses dan melobi pihak eksternal dari partai lain hingga presiden RI Joko Widodo.


"Demikian dengan Mbak Puan Maharani, Ketua DPP bidang Politik sekaligus Ketua DPR RI setelah sebelumnya saya beri tugas untuk bertemu rutin dengan Presiden Jokowi dan berdialog dengan partai politik. Maka saya juga memberi mandat penugasan pada Mbak Puan membentuk tim yang dibutuhkan, guna memenangkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024," lanjut Megawati.


Baik Prananda Prabowo dan Puan Maharani cukup berpengalaman di bidang mereka masing-masing.


Prananda Prabowo yang merupakan anak Megawati dari suami pertamanya adalah seorang analis politik yang banyak berkontribusi dalam berbagai institusi hingga parpol.


Sedangkan Puan Maharani yang merupakan anak Megawati dari suami kedua berada di puncak karir sebagai Ketua DPR RI.



*Langkah Awal Kemenangan 


FOTO. Megawati Soekarnoputri bersama Puan Maharani, Presiden Jokowi, Prananda Prabowo dan Ganjar Pranowo. 



Sementara itu,  Ketua DPP PDIP Puan Maharani berharap keputusan Megawati Soekarnoputri yang menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden menjadi langkah awal kemenangan.


Diketahui, Ganjar Pranowo baru saja diumumkan sebagai bakal calon presiden oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Jumat kemarin (21/4).


"Semoga apa yang telah diputuskan Ibu Ketua Umum di hari baik ini, menjelang hari kemenangan Idul fitri ini, akan menjadi langkah awal kemenangan kita bersama sebagai satu bangsa," kata Puan lewat akun Twitter @puanmaharani_ri, Senin (24/4).


Lewat akun Twitter miliknya, Puan juga memamerkan foto saat berpose bersama Presiden Joko Widodo dan Megawati. Latar belakang tempat mereka berfoto adalah lukisan Presiden Indonesia pertama Sukarno.


"Cocok yaaa kalau diberi judul Bersama 3 Presiden. Di depan lukisan Presiden pertama RI, bersama Presiden ke-5 Ibu Megawati (sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan) dan Presiden Joko Widodo," cuitnya. 



* Kebesaran Hati Puan 


FOTO. Ganjar Pranowo 


Analis Komunikasi Politik Silvanus Alvin menilai terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dari PDIP tidak terlepas dari kebesaran hati Puan Maharani. Padahal, sebelumnya nama Puan juga sempat mengerucut sebagai kandidat capres yang bakal diusung oleh PDIP.


"Kebesaran hati yang ditunjukkan Puan berarti Ketua DPR tersebut lebih memperhatikan kepentingan golongan dibanding kepentingan pribadi," kata Alvin dalam keterangan tertulis, Senin (24/4).


Menurut Alvin, Puan sebagai anak dari pimpinan PDIP, bisa saja 'memaksakan' untuk maju sebagai capres. Apalagi Puan juga mendapat banyak dukungan dari internal PDIP.


Kendati demikian, Alvin menilai Puan legawa dan ikut memberi masukan atas penetapan Ganjar sebagai capres PDIP. Hal ini menunjukkan Puan dewasa dalam dalam berpolitik.


"Tanpa kebesaran hati maka seorang politisi akan susah untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan adil," sambungnya.(R/L..).



TerPopuler