Membanggakan, Mahasiswa UIN Mataram Lolos Jadi Volunteer Internasional -->

Membanggakan, Mahasiswa UIN Mataram Lolos Jadi Volunteer Internasional

Minggu, 18 Februari 2024, Minggu, Februari 18, 2024

 


FOTO. Rektor UIN Mataram, Prof Dr H Masnun Tahir didampingi Dekan FTK Dr Jumarin, MHI, saat melepas Muh Mislahil Mizan (tengah). 














MATARAM, BL - Prestasi gemilang ditorehkan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Muh Mislahil Mizan.


Mahasiswa Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), dinyatakan lolos menjadi salah satu volunteer International Program semangat Muda Indonesia (SMI) Youth Exchange Chapter Singapore-Malaysia selama Empat Hari.


Muh Mislahil Mizan mengaku, dirinya tidak menyangka jika ia terpilih mewakili provinsi NTB dan juga negara Indonesia pada ajang volunteer International program semangat Muda Indonesia (SMI) Youth Exchange Chapter Singapore-Malaysia tersebut. 


Menurut dia, dirinya justru iseng-iseng mengisi persyaratan pendaftaran administrasi, yakni CV, TKD, dan wawancara. 


"Sesudah mengisi pendaftaran secara normal sebagai alur seleksi. Tiba-tiba saya langsung dapat informasi jika saya terpilih menjadi 35 peserta terbaik dari 2.000.000 pendaftar di Indonesia dan Asia. Jujur, Alhamdulillah saya enggak nyangka terpilih," ujar Mizan sapaan akrabnya pada wartawan, Sabtu malam 17 Februari 2024.


Ia mengatakan bahwa program SMI Youth Exchange Chapter Singapore-Malaysia ini, diselenggarakan oleh Yayasan Semangat Muda Indonesia (SMI). Di mana lembaga itu memberikan kesempatan bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum untuk belajar mengenali pendidikan, budaya, dan sosial lintas negara.


Program SMI bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pengalaman berharga bagi WNI yang ingin memiliki wawasan Global.


Untuk itu, lanjut Mizan, dirinya sudah menyiapkan beberapa proyek dengan kelompok yang sudah dibagikan untuk selanjutnya  diaplikasikannya di lokasi saat menjadi  volunteer. 


"Kalau aku fokus ke dunia pendidikan supaya bisa mengimplementasikan ilmu yang aku dapatkan dibangku perkuliahan, jadi proyek yang aku ajukan juga seputar mengajar. Selain itu aku senang bisa ikut volunteer ke negara lain karena bisa liat perbedaan kultur dari Indonesia,” jelas dia. 


Adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan; University Visit, Country Exploration, KBRI / SILN Visit, Teaching Project, Cultural Learning, Youth Project, Networking Session selama tanggal  19-22 Februari.


Terpisah, Rektor UIN Mataram, Prof Dr H Masnun Tahir didampingi Dekan FTK Dr Jumarin, MHI, mengaku bangga atas prestasi salah satu  mahasiswanya yang lolos menjadi peserta kegiatan yang bergengsi di kalangan mahasiswa tersebut.


"Prestasi Mizan ini,  menambah deretan mahasiswa UIN Mataram yang bisa bersaing ke tingkat internasional. Apalagi ini menjadi salah satu strategi internasionalisasi UIN Mataram," kata dia. 


Prof Masnun mengaku bahwa sebelumnya UIN Mataram sukses melaksanakan KKP internasional di Malaysia dan empat mahasiswa UIN Mataram sukses mengikuti MOSMA di Malaysia dan Amerika. 


"Dengan kegiatan-kegiatan internasional yang diikuti oleh Dosen, Tendik dan mahasiswa. Tentunya, akan mempercepat UIN Mataram mendapat rekognisi internasional (International recognized)," tandas dia. (R/L..).. 

TerPopuler