Rektor Unram Raih Anugrah Badan Publik “Informatif” KIP 2023 -->

Rektor Unram Raih Anugrah Badan Publik “Informatif” KIP 2023

Rabu, 20 Desember 2023, Rabu, Desember 20, 2023



FOTO. Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D saat berada di Istana Wapres untuk menerima penghargaan Badan Publik “Informatif” oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 











MATARAM, BL – Universitas Mataram (Unram) dinobatkan sebagai Badan Publik “Informatif” oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta pada Selasa 19 Desember 2023.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua KIP RI, Donny Yoesgiantoro kepada Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dengan disaksikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, K. H. Ma’ruf Amin.


Prestasi gemilang ini menandai komitmen Unram dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, memberikan akses yang luas kepada masyarakat, serta menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. 


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengatakan, keberhasilan Unram meraih penghargaan Badan Publik “Informatif” mencerminkan upaya berkelanjutan dalam memberikan informasi yang jelas, akurat, dan mudah diakses kepada seluruh pemangku kepentingan.


"Termasuk, mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum," ujarnya, Rabu 20 Desember 2023.


Rektor Unram mengaku, bersyukur dan bangganya atas penghargaan ini. Ia menyatakan bahwa prestasi ini bukan hanya hasil kerja keras Rektor, tetapi merupakan kerja keras seluruh civitas akademika Unram. 


"Penghargaan ini menempatkan Unram sebagai salah satu dari sedikit perguruan tinggi negeri yang meraih predikat tertinggi dalam keterbukaan informasi publik," tegas Prof Bambang.


Ia mengaku, bahwa Unram memperoleh predikat “Informatif” dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2023. Terdapat lima urutan predikat keterbukaan informasi publik, yakni “Informatif”, “Menuju Informatif”, “Cukup Informatif”, “Kurang Informatif”, dan “Tidak Informatif”. 


Di mana, Unram berhasil menduduki peringkat tertinggi, mencerminkan keterbukaan dan transparansi informasi yang diterapkan oleh universitas.


Lebih lanjut dikatakan Prof Bambang, penghargaan ini, menunjukkan bahwa Unram telah terbuka terhadap apapun yang menyangkut data dan informasi yang berhak diketahui oleh publik. 


Keterbukaan ini merupakan bagian dari dukungan Unram dalam membangun bangsa ini menjadi bangsa yang demokratis, terbuka terhadap informasi, dan memberi pelayanan informatif kepada semua khalayak yang membutuhkannya.


Apalagi, lanjut dia, penghargaan sebagai Badan Publik “Informatif” menjadi penyemangat bagi Unram untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan informasi publik.


“Mudah-mudahan semua pihak civitas akademika Unram baik di jajaran rektorat, dekanat, lembaga-lembaga sampai prodi betul-betul menjalankan keterbukaan informasi terhadap publik tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga kepada publik,” ungkap Prof Bambang.


Rektor Unram turut menggarisbawahi peran Humas Unram yang luar biasa dalam mendukung keterbukaan informasi publik. Rektor menyampaikan rasa bangganya terhadap kinerja Humas yang berkontribusi besar dalam memperoleh penghargaan dari KIP RI. 


"Penghargaan ini membuat kita kian optimis terhadap masa depan Unram yang gemilang di dunia perguruan tinggi Indonesia," tandas Prof Bambang. (R/L...).

TerPopuler