Kedepankan Kreativitas di Era 4.0, Rektor Unram Minta Wisudawan jadi Agen Perubahan -->

Kedepankan Kreativitas di Era 4.0, Rektor Unram Minta Wisudawan jadi Agen Perubahan

Kamis, 28 September 2023, Kamis, September 28, 2023

 

FOTO. Para orang tua saat mendampingi anaknya yang di wisuda periode September 2023 di Auditorium M. Yusuf Abubakar, komplek Unram.













MATARAM, BL– Sebanyak lebih dari 2.000 orang mahasiswa Universitas Mataram (Unram) di wisuda, Rabu 28 September 2023. Mahasiswa yang diwisuda berasal dari 4 orang program Doktor, 126 Magister, 1.761 orang Sarjana, dan 125 orang Diploma.


Sementara, pelaksanaan wisuda berlangsung selama dua hari mulai tanggal 26 – 27 September 2023 di Auditorium M. Yusuf Abubakar, komplek Unram.


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, mengatakan, pada revolusi industri 4.0 saat ini memberikan tantangan baru untuk terus berkembang. Sebab, saat ini, terjadi turbulensi inovasi akibat ekosistem volatil, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas.


Karena itu, hal ini harus menjadi pembelajaran oleh mahasiswa menuju lulusan yang andal,  kompeten, cerdas, lincah, adaptif dan mampu menangkap peluang.


"Kita harus siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring kemajuan IPTEK. Kondisi ini memaksa kita untuk tumbuh cerdas dengan literasi teknologi dan literasi baru lainnya guna menambah berbagai skill saudara-saudara yang mencakup problem solving, creative, communicative, collaborative, berkarakter, dan berwawasan kebangsaan,” jelas Rektor. 


Guru besar Fakultas Pertanian Unram ini, berharap agar lulusan Unram mampu memanfaatkan ilmu yang mereka miliki untuk membantu masyarakat, dunia usaha, dunia industri, pemerintah dan mitra lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan.


“Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater top tempat belajarnya, melainkan ditentukan oleh soft skill yang dimiliki seperti kejujuran, kedisiplinan, kecerdasan bergaul, kerja keras, cinta terhadap pekerjaan, leadership yang kuat serta kepribadian kompetitif dan kreatif,” ungkap  Rektor Unram ke-10 itu.


Lebih lanjut Prof Bambang  berpesan, agar para wisudawan menjadi agen perubahan bagi bangsa, melalui kerja keras, kreatif, dan inovatif.


"Tapi, tetap senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan," tandas Prof Bambang. (R/L..)

TerPopuler