Perkuat Kerjasama Internasional, Rektor UIN Mataram Terbang ke Malaysia Tindak Lanjuti MoU ke UUM -->

Perkuat Kerjasama Internasional, Rektor UIN Mataram Terbang ke Malaysia Tindak Lanjuti MoU ke UUM

Rabu, 09 Agustus 2023, Rabu, Agustus 09, 2023

 

FOTO. Rektor UUM Prof. Dr. Mohd. Fo'ad Sakdan saat menerima kunjungan Rektor UIN Mataram beserta jajaran UIN di ruangan kerjanya. 
















MATARAM, BL - Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah menjalin kerjasama program akademik double degree dengan Universiti Utara Malaysia (UUM).


Kerjasama tersebut ditandai dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir MAg dan Rektor UUM Prof Dr Mohd Fo'ad Sakdan di Grand Mercure Harmoni Jakarta Pusat pada Senin (29/5) lalu. 


Karena itu, menindak lanjuti MoU tersebut Rektor UIN Mataram tiba di UUM Sintok. Kata, Prof Masnun,  kedatangannya kali ini, dalam rangka. menambah rekognisi internasional. Yakni, UIN Mataram berkomitmen menambah kelas internasional (world class university).


Selanjutnya, memperluas jaringan internasional (networking) melalui  kerjasama, kolaborasi dan membangun kemitraan dengan berbagai kampus di luar negeri.


"Termasuk kerjasama dengan UMM yang kita ketahui  kaya akan prestasi dan reputasi internasional. Jadi, kita butuh terobosan program internasional, seperti yang dilaksanakan Pascasarjana UIN Mataram saat ini," ujar Prof Masnun pada BERITA LOMBOK melalui telpon selulernya, Rabu (9/8).


Menurut Ketua PWNU NTB itu, dirinya merasa terkagum-kagum akan keberadaan fasilitas di salah satu perguruan tinggi terbesar di negara Malaysia itu. 


Terlebih, UUM yang memiliki luas tanah kurang lebih 2 Ha juga telah dibangun fasilitas usaha, seperti perhotelan dan usaha lainnya. 


"Intinya, banyak hal baru yang kami lihat. Salah satunya, kegiatan kemahasiswaan dan organisasi mahasiswa, serta pengembangan bakat dan minat mahasiswa yang berjalan sangat baik," kata Prof Masnun. 


Dalam kesempatan berkunjung ke Malaysia. Rektor UIN juga didaulat untuk memberikan motivasi pada sekitar 600 orang mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Universiti Utara Malaysia (UUM).


"Yang pasti, hasil dari UUM ini memberikan banyak pencerahan menyangkut beberapa hasil konkret yang sangat strategis dalam rangka pengembangan akademik, pengelolaan lembaga, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian," jelas Prof Masnun. 


Sementara itu, Rektor UUM Prof. Dr. Mohd. Fo'ad Sakdan mengaku, bahwa pihaknya menyambut sangat baik kedatangan rektor UIN Mataram dalam rangka mewujudkan program kerja sama international academic and social service.


Sebab, semua kerjasama yang dirancang bersama UIN Mataram sangat menarik dan strategis sejauh ini. 


"Tentunya, hal ini  mesti direalisasikan dalam rangka kemajuan kedua institusi, UMM dan UIN Mataram," tandasnya. (R/L..).

TerPopuler