Jaga Ekosistem Sirkuit Mandalika, ITDC dan MGPA Ajak Pebalap Dunia Tanam Terumbu Karang di Pantai Mandalika -->

Jaga Ekosistem Sirkuit Mandalika, ITDC dan MGPA Ajak Pebalap Dunia Tanam Terumbu Karang di Pantai Mandalika

Jumat, 13 Oktober 2023, Jumat, Oktober 13, 2023

 

FOTO. Para pebalap dunia tengah melakukan penanaman terumbu karang di sekitar Pantai Mandalika, Lombok Tengah. 









MATARAM, BL - Ajang balapan MotoGP seri 15 di International Pertamina Mandalika Circuit, Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng),  dimulai Jumat (13/10).


Meski demikian, sebelum melakukan serangkaian balapan, para pebalap dunia melakukan sejumlah aksi sosial. Mulai,  bersih-bersih di pantai Kuta Mandalika hingga  melakukan prosesi penanaman terumbu karang di Pantai Kuta Mandalika. 


Terlihat ada Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio, Somkiat Chantra, Ai Ogura, Ayumu Sasaki hingga Maveric Vinales hadir mendukung acara ini.


Tidak dilakukan sendirian, pebalap MotoGP dipandu khusus sebelum melakukan penanaman terumbu karang di dasar laut dengan kedalaman hingga 10 meter.


Direktur Pengembangan Bisnis ITDC, Ema Widiastuti mengatakan bahwa aksi sosial yang sudah dilakukan para pebalap dunia ini, diharapkan bisa membantu masyarakat demi menjaga ekosistem Sirkuit Mandalika dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar.


“ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika berkomitmen untuk menjalankan inisiatif konservasi lingkungan, salah satunya dengan penanaman terumbu karang atau coral planting," ujar Ema pada wartawan, Jumat 13 Oktober 2023. 


Kegiatan coral planting di The Mandalika dilakukan hasil kolaborasi ITDC bersama penyelenggara, yaitu MGPA dan Dyandra&Co. 


Menurut dia, kegiatan penanaman terumbu karang merupakan bagian integral dari strategi berkelanjutan ITDC dalam mengembangkan kawasan seluas 1.035,67 hektare ini. 


"Melalui kolaborasi dengan para stakeholders lokal dan pihak-pihak terkait, ITDC memastikan bahwa program ini tidak hanya berdampak positif pada ekosistem laut, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan Masyarakat sekitar,” jelas Ema. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lendek Jayadi, mengatakan bahwa dengan terlibatnya para riders dalam kegiatan bersih-bersih pantai hingga  melakukan prosesi penanaman terumbu karang di Pantai Mandalika, hal ini membuktikan bahwa mereka sudah melakukan dan memberikan contoh pada semua masyarakat Loteng untuk memuliakan laut di Pulau Lombok. 


"Penanaman terumbu karang di Pantai Kuta Mandalika itu merupakan bentuk promosi positif menjaga Pantai Kuta Mandalika yang kita miliki dengan penuh keindahan ini," ucap dia.


Lendek menambahkan, Pantai Kuta Mandalika merupakan ruang edukasi promosi laut di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 


"Hal ini mengajarkan kepada masyarakat untuk bagaimana memuliakan laut dan lingkungan di sekitarnya," kata dia.


 Terpisah, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menjelaskan bahwa penanaman terumbu Karang di Pantai Kuta Mandalika ini, bentuk kepedulian para pebalap kepada ekosistem laut di Mandalika. 


“Karena memang wilayah pantai ini harus tetap dibersihkan. Jadi memang harus kita bersihkan untuk menjaga kelestarian laut,” tandasnya. (R/L..).. 

TerPopuler