Pertama Kali di Unram, Jurnal IUS FH Unram Tembus Indeks Scopus -->

Pertama Kali di Unram, Jurnal IUS FH Unram Tembus Indeks Scopus

Jumat, 27 Oktober 2023, Jumat, Oktober 27, 2023

 


FOTO. Ahmad Zuhairi











MATARAM, BL – Jurnal IUS yang diterbitkan Fakultas Hukum Universitas Mataram (FH Unram) telah berhasil menjadi jurnal terindeks Scopus yang diakui dunia pertama di Unram.


Pimpinan Redaksi Jurnal IUS, Ahmad Zuhairi mengatakan, bahwa selama lima tahun bersama Tim Task Force Road to Scopus FH Unram, dirinya mempersiapkan penerbitan Jurnal IUS yang memokuskan pada kajian hukum dan keadilan tersebut. 


Bahkan, pada tahun 2018 FH Unram berhasil menjadikan Jurnal IUS-nya terakreditasi Sinta 2 untuk pertama kalinya di Unram.


Selanjutnya, pada tahun 2021 Jurnal IUS FH Unram kembali terindeks di Directory of Open Access Journals (DOAJ) juga pertama di Unram. 


"Alhamdulillah, puncaknya pada 24 Oktober 2023 Jurnal IUS sudah terindeks Scopus atau menjadi jurnal internasional bereputasi," ujar Zuhairi pada wartawan, dalam siaran tertulisnya, Jumat 27 Oktober 2023. 


Ia mengaku, penerbitan jurnal IUS sebelumnya pernah beberapa kali mengalami kegagalan dalam mendapat akreditasi. 


Hanya saja pihaknya tidak patah arang. Sebab, sejumlah analisa dan peningkatan dalam berbagai aspek difokuskan untuk mencapai jurnal terindeks Scopus. 


Terlebih, manfaat Jurnal IUS adalah untuk membantu mahasiswa maupun para dosen dalam mengurus jabatan fungsional guru besarnya. 


"Dari tahun 2015, kami terus melakukan kajian dan analisa, yakni dari sisi teknis, substansi, dan manajemen dalam keberlangsungan akreditasi jurnal,” kata Zuhairi.


Lebih lanjut ia katakan, keberhasilan yang diraih tentunya tidak terlepas dari dukungan Unram melalui pendanaan pendamping dalam rangka Jurnal IUS FH Unram bisa lebih mudah terindeks Scopus. 


"Capaian ini menjadi penanda pengakuan dunia terhadap Unram, secara khusus bagi Fakultas Hukum," tegas Zuhairi. 


Ia mendaku, dengan Jurnal IUS yang sudah  terindeksasi Scopus ini, tentunya menjadi  kebahagiaan untuk civitas akademika Unram. 


"Mudah-mudahan, ini jadi trigger atau pemancing bagi jurnal-jurnal lainnya di Unram karena di universitas lain sudah banyak jurnal-jurnalnya yang terindeks Scopus,” ungkap Zuhairi.



FOTO. Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, S.H., M.H,


Sementara itu, Dekan FH Unram, Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, S.H., M.H, mengaku turut berbangga atas capaian FH Unram.


“Alhamdulillah berkat dukungan dari Bapak Rektor, para wakil rektor, beserta jajaran sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada tim, kemudian kepada pendahulu yang sudah menggagas jurnal ini,” ungkap dia.


Lebih lanjut, Doktor Wira menyampaikan bahwa FH Unram yang memiliki program studi Ilmu Hukum terakreditasi unggul terus mengembangkan fakultasnya tidak hanya dari segi jurnal. 


Namun, FH Unram juga menyediakan tim media yang siap meliput semua kegiatan civitas akademik. 


"Dan, kini FH Unram turut menjadi fakultas pertama di Unram yang memiliki weekly news tersendiri yang siap didistribusikan ke seluruh civitas akademika Unram. Pastinya, ini juga merupakan kebanggaan bagi Fakultas Hukum dan diharapkan dapat menjadi pemancing dan pemacu bagi fakultas-fakultas lain di lingkungan Universitas Mataram,” tandasnya. (R/L..).

TerPopuler