Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo di Survei LSI, Peluang Putaran Kedua Terbuka Andai Tiga Bacapres Maju di Pilpres 2024 -->

Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo di Survei LSI, Peluang Putaran Kedua Terbuka Andai Tiga Bacapres Maju di Pilpres 2024

Rabu, 30 Agustus 2023, Rabu, Agustus 30, 2023

 

FOTO. Presiden Jokowi saat bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto saat kegiatan panen raya di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. 










MATARAM, BL - Lembaga Survei ndonesia (LSI) merilis bahwa elektabilitas bakal capres PDI Perjuangan  Ganjar Pranowo mengungguli bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto 


Berdasarkan hasil survei yang dirilis LSI, Ganjar memperoleh elektabilitas 37%, sedangkan Prabowo 35,5%, disusul capres dari NasDem Anies Baswedan 22,2%.


Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan, mengatakan, bahwa elektabilitas Ganjar ada di posisi teratas dalam simulasi tiga nama. 


Hanya saja, selisih Ganjar dengan bacapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, tipis dan dalam margin of error.


"Dari simulasi tiga nama, kalau kita perhatikan di sini antara Prabowo dan Ganjar, Ganjar unggul di 37% pada Agustus 2023, tapi Prabowo di angka 35,3% jadi selisihnya 1,7% saja, sementara margin of error 2,9%," ujar Djayadi dalam rilis survei yang ditayangkan YouTube LSI, Rabu Petang (30/8).


Anies berada pada posisi terakhir dengan angka 22,2%. Dia menyebut elektabilitas Anies turun signifikan dari Agustus tahun lalu.


"Anies di angka 22,2% menurun cukup signifikan dibanding Agustus tahun yang lalu. Pada dasarnya terjadi pertarungan yang ketat antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto," ungkap Djayadi. 


Lebih lanjut ia menilai, bahwa elektabilitas tiga capres ini, masih cukup dinamis. Djayadi menyebut jika tiga nama ini maju pada Pilpres 2024, peluang Pilpres putaran kedua terbuka lebar.


"Kalau lihat angkat ini kompetisi antara tiga nama masih mungkin dinamis, kalau tiga nama ini maju semuanya maka kita menduga akan ada 2 putaran," kata dia.


Survei ini diadakan 3-9 Agustus 2023 dengan populasi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.


Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari survei ini +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% (dengan multistage random sampling). (R/L..).

TerPopuler