Siapkan Skema ZDT, PLN Siap Perlancar WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika -->

Siapkan Skema ZDT, PLN Siap Perlancar WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika

Rabu, 01 Maret 2023, Rabu, Maret 01, 2023

 


FOTO. Inilah pemasangan listrik di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Loteng yang bakal dipersiapkan secara matang oleh PLN NTB.








MATARAM, BL -  Ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) tahun 2023 kembali akan digelar di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), pada tanggal 3 – 5 Maret 2023.


Untuk event berjalan lancar, PLN NTB berkomitmen menyediakan listrik yang andal dengan layanan listrik tanpa kedip atau Zero Down Time (ZDT).


General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, mengatakan, saat ini persiapan di lapangan telah selesai 100%.


Rangkaian persiapan dilakukan secara terpadu guna memastikan keandalan sistem. Seluruh lini bergerak mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kiloVolt (kV) sampai dengan jaringan distribusi 20 kV. 


“Persiapan yang kami lakukan kali ini tentunya menyempurnakan pelaksanaan event pada tahun-tahun sebelumnya. Pemeriksaan dan pengujian pada sistem ZDT juga telah kami lakukan dan alhamdulillah berhasil," ujar Djarwo pada wartawan, Rabu (1/3). 


Menurut Djarwo, untuk utilitas pendukung seperti Uninterruptible Power Supply (UPS), genset dan beberapa peralatan pendukung telah berada di lokasi sirkuit. Mobilisasi peralatan telah dilakukan pada pertengahan bulan Februari 2023. 


Untuk kebutuhan listrik selama WSBK, PLN juga telah berkoordinasi dengan PT ITDC selaku penyelenggara event. Total ada sepuluh venue yang akan disuplai oleh PLN antara lain paddock, main pit building, race control, medical centre, observation deck, TV compound, VIP deluxe, bright store, Lombok Sumbawa Fest, Nusantara Fest dan UMKM. 


“Secara umum, kebutuhan listrik masih sama dengan pelaksanaan WSBK tahun sebelumnya. Suplai listrik untuk sirkuit Mandalika saat ini sebesar 5,19 MVA dan akan disuplai dari tiga jalur utama listrik yang berfungsi untuk menjaga keandalan sistem,” jelas Djarwo.


Dalam WSBK 2023 ini, PLN menyiagakan 409 petugas di 16 titik lokasi, 13 unit trafo mobile, 17 unit mobile genset, dan 20 UPS. Di sisi pembangkitan, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 378 megawatt (MW) dengan beban puncak 296 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 82 MW yang dapat dioptimalkan.


Tak hanya sirkuit, PLN juga akan melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik yang menyuplai fasilitas umum di area sirkuit. Ini tentunya untuk menjaga kenyamanan wisatawan yang akan datang ke Mandalika selama perhelatan berlangsung.

 

Sebelumnya, PLN sukses menghadirkan suplai listrik andal tanpa kedip untuk gelaran WSBK tahun 2021, WSBK tahun 2022, MXGP tahun 2022 dan MotoGP 2022. 


”PLN terus berkomitmen memberikan yang terbaik. Semoga di WSBK tahun ini, kami bisa memberikan layanan yang berkualitas. Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar gelaran WSBK 2023 dapat berjalan aman dan lancar, dengan pasokan listrik yang andal dari PLN,” tandas Djarwo. (R/L..).

TerPopuler