Luluskan 1.666 Wisudawan, Rektor Unram Ingatkan Tantangan Revolusi Industri 4.0 -->

Luluskan 1.666 Wisudawan, Rektor Unram Ingatkan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Rabu, 15 Maret 2023, Rabu, Maret 15, 2023

 


FOTO. Ribuan wisudawan dan wisudawati Universitas Mataram (Unram) Periode Maret 2023 di Auditorium M. Yusuf Abubakar, komplek Unram. 







MATARAM, BL - Universitas Mataram (Unram) meluluskan sebanyak 1.666 wisudawan. Wisuda periode Maret tahun 2023 itu, akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 15-16 Maret 2023 di Auditorium M. Yusuf Abubakar, kompleks Unram.


Tercatat, dari total sebanyak 1.666 wisudawan itu, sebanyak 2 orang di antaranya merupakan lulusan program Doktor, 106 orang Magister, 4 orang Profesi, 1.508 orang Sarjana, dan 46 orang Diploma.


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengatakan, dari 1.508 lulusan Sarjana itu, mereka terdiri dari sebanyak 182 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, selanjutnya 208 orang Fakultas Pertanian, 59 orang Fakultas Peternakan, 192 orang Fakultas Hukum, 375 orang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 166 orang Fakultas Teknik, 92 orang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 102 orang Fakultas Kedokteran, 49 orang Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri.


"Serta, 83 orang dari Program Studi di bawah Rektor," kata Prof Bambang, Rabu (15/3). 


Menurut dia, sejumlah 10,89% wisudawan program Sarjana memperoleh predikat Cumlaude, 29,66% dari program Magister, 1 orang dari program Doktor, dan 72,09% dari program Diploma memperoleh predikat sangat memuaskan.


Prof. Bambang menegaskan, pada revolusi industri 4.0 saat ini, memberikan tantangan baru untuk terus berkembang. Hal ini dipicu,  terjadinya turbulensi inovasi akibat ekosistem volatile, uncertainty, complexity, and ambiguity (volatil, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas-red).


“Kalian harus menjadi pembelajar andal yang kompeten, cerdas, lincah, dan adaptif menangkap peluang, serta siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring dengan kemajuan iptek,” tegasnya. 


Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu berharap, agar lulusan Unram mampu memanfaatkan ilmu yang mereka miliki untuk membantu masyarakat, dunia usaha, dunia industri, pemerintah dan mitra lainnya dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks di masa depan.


Tak hanya itu, Rektor Unram ke-10 itu, meminta pada para wisudawan, agar dapat menjadi agen perubahan bagi bangsa, melalui kerja keras, kreatif, inovatif, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan.


“Saudara-saudara adalah kebanggaan Unram, karena itu jagalah nama baik almamater, di manapun saudara berada dan bertugas,” tandas Prof Bambang. (R/L..).

TerPopuler