Resmikan BLK Komunitas di Loteng, Wapres KH Ma'ruf Amin : BLK Harus Optimal Cetak Tenaga Kerja Kompeten -->

Resmikan BLK Komunitas di Loteng, Wapres KH Ma'ruf Amin : BLK Harus Optimal Cetak Tenaga Kerja Kompeten

Minggu, 12 Februari 2023, Minggu, Februari 12, 2023

 

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2023 di Loteng. 






MATARAM, BL - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2023 di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Jumat (10/2) kemarin. 


Kyai Ma'ruf, sangat mengapresiasi kinerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah atas pendirian sebanyak 3.757 BLK sepanjang tahun 2022.


"Alhamdulillah, hingga tahun 2022, telah terbangun 3.757 BLKK di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, saya sampaikan apresiasi kepada Menteri Ketenagakerjaan beserta seluruh pihak terkait yang turut mendukung pelaksanaan program," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di Pondok Pesantren Manhalul Ma'arif Nahdlatul Ulama Darek, Loteng, kemarin.


Ma'ruf meminta pembangunan BLK ini juga disertai dengan peningkatan kualitas para alumnus agar mampu berkompetisi di dalam maupun luar negeri.


"Capaian jumlah BLK Komunitas terbangun saat ini, tidak hanya terus ditingkatkan, tetapi juga agar diikuti baik oleh kuantitas, maupun kualitas alumnus BLK Komunitas, sehingga mampu berkompetisi di pasar dunia kerja domestik juga luar negeri," kata dia.


Ma'ruf mendaku, agar program BLK ini dilakukan di daerah-daerah dengan kemiskinan ekstrem. Dengan demikian, lanjutnya, distribusi kesejahteraan di Indonesia dapat dipercepat.


Selain itu, Ma'ruf juga meminta agar Kemenaker dapat mengarahkan program BLK di daerah yang menjadi titik kemiskinan ekstrem. Sehingga pada akhirnya dapat mempercepat tercapainya distribusi kesejahteraan.


"Kementerian Ketenagakerjaan saya minta untuk mengarahkan program pembangunan BLK Komunitas di daerah-daerah yang menjadi titik kemiskinan ekstrem. Utamanya di wilayah yang betul-betul membutuhkan, eksistensi BLK kiranya mampu melahirkan tenaga kerja bermutu yang dapat berkontribusi mengungkit perekonomian lokal, dan pada akhirnya mempercepat tercapainya distribusi kesejahteraan," papar Ma'ruf. (R/L..).

TerPopuler