Isi Semua TPS, Golkar NTB Siapkan Saksi Berkualitas -->

Isi Semua TPS, Golkar NTB Siapkan Saksi Berkualitas

Senin, 13 Februari 2023, Senin, Februari 13, 2023

 

FOTO. Ketua Badan Saksi DPD Partai Golkar Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda saat memimpin rapat badan saksi Partai Golkar dalam rangka menyambut Pemilu 2024 di kantor DPD Golkar NTB. 









MATARAM, BL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi NTB, terus menyiapkan skema saksi berkualitas dan kredibel dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Mereka akan ditempatkan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Provinsi NTB.


Sejauh ini, total jumlah TPS di Provinsi NTB pada Pemilu 2024, sesuai informasi KPU NTB bakal bertambah bila dibanding pemilu sebelumnya.


Usulan KPU NTB, direncanakan sebanyak 8787 TPS Pilkada 2024. Sementara, pada Pilkada 2018, total jumlah TPS yang digunakan yakni sebanyak 8336 TPS.


"Saksi dalam sebuah kontestasi politik sangat penting untuk mengawal proses perhitungan suara dan hasilnya dapat berjalan baik. Maka Partai Golkar akan menyiapkan saksi yang berkualitas dan kredibel dalam rangka mengawal suara partai," ujar Ketua Badan Saksi DPD Partai Golkar Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda pada BERITA LOMBOK.NET, Minggu (12/2) kemarin.


Ketua DPRD NTB itu, mengatakan,  saksi yang ditempatkan ke seluruh daerah di NTB, bakal  dibekali ilmu atau pelatihan saksi cerdas Pemilu. 


Nantinya, DPD I Golkar setempat akan melakukan rapat khusus terlebih dahulu bersama Badan Saksi DPP Golkar dalam rangka menyiapkan materi training of trainer (TOT) pada sekitar Mei 2023. 


"Yang pasti, mewujudkan saksi berkualitas dan kredibel itu harus lebih dahulu dilakukan TOT. Di situ, fokus kita adalah TOT dulu pada pelatih saksi. Sehingga, setelah itu, para pelatih akan menularkan ilmu mereka pada saksi di level bawah. Mulai TPS di tingkat desa, PPK di Kecamatan, dan Kabupaten/Kota juga saksi di tingkat Provinsi," jelas Isvie. 


Ia memastikan bahwa badan Saksi DPD I Partai Golkar NTB sudah berulang kali melakukan rapat untuk menyiapkan materi dan strategi dalam pelatihan saksi tersebut. Di mana, untuk setiap TPS akan direkrut sebanyak tiga orang saksi. 


"Tapi, untuk perekrutan saksi Partai Golkar, kami serahkan sepenuhnya pada DPD Golkar tingkat dua (kabupaten dan kota) untuk melakukannya," ungkap Isvie Rupaeda. 


FOTO. Skuad Badan Saksi DPD Golkar NTB. 


Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto merencanakan akan menyiapkan 9 juta saksi di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Airlangga mengatakan, dari 9 juta saksi yang disiapkan, 900.000 di antaranya merupakan kader dari organisasi masyarakat (ormas) sayap Musyawarah Kerja Gorong Royong (MKGR).


“Targetnya setiap TPS setiap ormas ada satu. Jadi dengan ada 900.000 TPS, maka ormas MKGR targetnya 900.000,” kata Airlangga. 


Adapun jumlah calon saksi tersebut belum termasuk mereka yang berasal dari sembilan ormas sayap lainnya di bawah naungan Golkar.


Kesembilan ormas tersebut meliputi Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), dan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).


Selanjutnya, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Satkar Ulama Indonesia, Al-Hidayah, Himpunan Wanita Karya, dan Majelis Dakwah Indonesia.


Dari seluruh ormas tersebut, Airlangga berharap Golkar dapat menyiapkan 9 juta saksi.


“Golkar ada 10 ormas, jadi diharapkan bisa ada 9 juta,” kata dia. (R/L..).


TerPopuler