Mayoritas DPD PAN se-NTB "Ramai" Usulkan Erick Thohir jadi Capres, Zulhas dan Anies Berikutnya -->

Mayoritas DPD PAN se-NTB "Ramai" Usulkan Erick Thohir jadi Capres, Zulhas dan Anies Berikutnya

Sabtu, 02 Juli 2022, Sabtu, Juli 02, 2022
FOTO. Ketua DPD PAN Kota Mataram, Saleh Basyir (kanan) menyerahkan berkas kesiapan administrasi parpol menjelang verifikasi parpol Pemilu 2024 pada Ketua DPW PAN NTB HM. Muazzim Akbar di sela-sela Rakerda I DPD PAN Mataram. 


MATARAM, BL - DPW PAN Provinsi NTB menerima usulan capres dari 10 DPD PAN yang selesai melaksanakan rapat kerja daerah (rakerda). Enam dari tiga nama mencuat dengan dukungan terbanyak, yakni Erick Thohir, Zulkifli Hasan (Zulhas), dan Anies Baswedan.


Selanjutnya, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhamad Zainul Majdi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.


"Alhamdulillah, setelah 14 hari kita roadshow melakukan rakerda se-NTB dan diakhiri di Kota Mataram pada hari ini, mayoritas calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) dari akar rumput PAN NTB dari total enam nama figur mengerucut pada tiga besar yakni, Erick Thohir, Zulkifli Hasan (Zulhas), dan Anies Baswedan," ujar Ketua DPW PAN NTB HM. Muazzim Akbar pada wartawan usai membuka rakerda I DPD PAN Kota Mataram di Hotel Pratama, Kota Mataram, Sabtu sore (2/7). 


Menurut Muazzim, pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk membahas beberapa agenda. Di antaranya rekrutmen saksi, verifikasi parpol, pencalegan DPRD, dan mengajukan usulan capres 2024.


Ketua APPMI itu mendaku, bahwa sejauh ini, usulan nama Capres dan Cawapres dari DPD PAN di 10 kabupaten/kota di NTB akan ditindaklanjuti pihaknya dengan menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) DPW PAN NTB usia pelaksanaan lebaran Idul Adha dalam waktu dekat ini. 


"Enam nama capres yang masuk hari ini, akan kita kerucutkan menjadi tiga orang untuk kita sampaikan saat ajang Rakernas DPP PAN pada sekitar 3 Agustus mendatang. Prinsipnya, Rakerwil DPW PAN NTB adalah forum untuk memutuskan tiga dari enam nama yang masuk sebagai aspirasi tingkat bawah untuk disampaikan di DPP," jelas Muazzim.


Ia menegaskan, banyaknya usulan nama pada Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tiga besar yang banyak disebut oleh DPD PAN di NTB,  merupakan aspirasi dari bawah.


"Kami membebaskan teman-teman untuk mengusung nama capres. Nah kebetulan nama itu yang paling banyak diminta. Nama lain juga ada. Tapi votingnya sedikit," kata Muazzim.


Selain DPD PAN Kota Mataram, ada Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Sumbawa, Kabupaten Bima, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara (KLU) hingga Kabupaten Dompu yang juga mengusung Erick Thohir untuk menjadi capres 2024.


"Nama itu nanti akan diusulkan ke DPW PAN NTB untuk dibahas dalam Rakerwil. Kemudian nanti akan dikerucutkan lagi untuk dibahas di DPP PAN dalam Rakernas Agustus nanti,"  ucap Muazzim.


Ia menuturkan, bahwa  pengajuan nama-nama untuk capres 2024 itu merupakan instruksi dari DPP PAN. "Ini untuk menjaring tokoh atau nama-nama capres potensial yang akan diusung PAN nanti di Pemilu 2024," tegas Muazzim. (R/L..).


TerPopuler