Samota Summer Fest Upaya Dispar NTB "Hibur" Pengunjung MXGP Samota 2022 -->

Samota Summer Fest Upaya Dispar NTB "Hibur" Pengunjung MXGP Samota 2022

Jumat, 24 Juni 2022, Jumat, Juni 24, 2022

FOTO. Lokasi camping ground di Pantai Ai Loang yang berada di sekitar Teluk Saleh
 

FOTO. Kadis Pariwisata NTB Yusron Hadi saat mengenalkan produk UMKM khas masyarakat lokal Sumbawa. 


MATARAM, BL - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB  berkomitmen mendukung kesuksesan digelarnya event kelas dunia motocross bertajuk MXGP Samota di Rocket Motor Circuit, Kabupaten Sumbawa. 


Adapun dukungan yang sudah dilakukan secara optimal, difokuskan pada sisi kesiapan akomodasi.  Yakni, menyiapkan camping ground di Pantai Ai Loang yang berada di sekitar Teluk Saleh


"Hal ini, kita lakukan, sebagai pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap sekaligus menikmati keindahan destinasi di kawasan Sirkuit MXGP Samota," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi pada wartawan, Jumat Malam (24/6).


Menurut dia, fasilitas camping ground yang ada di kawasan sirkuit tersebut, bakal disiapkan dengan adanya pagelaran bagi masyarakat dan pengunjung.


Bertajuk Samota Summer Fest, pengunjung tidak hanya menginap, tetapi juga mendapatkan hiburan. "Nanti, kita akan siapkan live musik, performa dari DJ, dan juga bazar UMKM khas Sumbawa," kata Yusron. 


Terkait pelaksanaan Samota Summer Fest ini. Yusron mengaku, bahwa kegiatannya akan  diselenggarakan selama dua hari, yakni sejak tanggal 24 Juni hingga tanggal 25 Juni. 


"Kami akan mengundang band-band lokal yang berbeda setiap harinya. Ini adalah upaya kami untuk meramaikan ajang balap dunia yang kali pertama dilaksanakan di Provinsi NTB, khususnya di wilayah Pulau Sumbawa," jelas  Yusron Hadi. 


Sebelumnya,  Komandan Lapangan MXGP of Indonesia Samota 2022 H Ridwansyah, mengatakan, bahwa untuk penginapan para pebalap, official, dan tamu luar negeri, sudah disiapkan enam hotel di Kota Sumbawa Besar.


Untuk pembalap dan seluruh rombongan tamu luar negeri, jumlahnya sekitar 300 orang. "Kita siapkan di 6 hotel dan mulai hari ini sudah mulai masuk hotel secara bertahap," katanya.


Kadis PUPR NTB itu, menegaskan bahwa, gelaran MXGP Samota 2022 daerah mendapat dua aspek, yakni sukses penyelenggaraannya dan sukses mempromosikan seluruh potensi Provinsi NTB.


Event MXGP Samota 2022 juga akan diliput langsung sekitar 250 media massa.Terdiri dari 50 media internasional, 100 media nasional, dan 100 media lokal.


Untuk kenyamanan liputan media massa, pihaknya telah menyiapkan dua unit Media Center yang representatif di kawasan Sirkuit Samota, Sumbawa.


Tak hanya itu, lanjut Ridwansyah, pihaknya telah  menyiapkan akomodasi untuk penonton domestik dari luar daerah NTB.


"Kita siapkan akomodasi tamu, berdasarkan inventarisir itu sekitar 5 ribu sampai 10 ribu orang dari luar daerah," ujarnya.


Akomodasi yang tersedia antara lain 800 kamar hotel melati di Sumbawa dan sekitarnya.


Kemudian 7.000 unit tenda di kawasan camping ground sepanjang Teluk Saleh yang akan disiapkan oleh Dinas Pariwisata NTB.


Bahkan, ada sekitar 900 homestay yang disiapkan di rumah penduduk.


"Selain itu kita juga siapkan hotel terapung, KRI Banjarmasin dengan 400 kamar. Ini semua bisa jadi solusi untuk kekurangan kamar," tandas Ridwansyah. (R/L..).

TerPopuler