Membanggakan, Prodi S1 Teknik Sipil Unram Raih Akreditasi Unggul -->

Membanggakan, Prodi S1 Teknik Sipil Unram Raih Akreditasi Unggul

Sabtu, 27 April 2024, Sabtu, April 27, 2024


FOTO. Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D.
















MATARAM, BL – Program Studi (Prodi) S1 Teknik Sipil Universitas  Mataram (Unram) berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik). 


Keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh civitas akademika dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknik Sipil.


Di mana, sesuai keputusan LAM Teknik yang dirilis pada tanggal 21 April 2024, Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram telah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi dan mencapai predikat unggul dalam proses evaluasi.


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi Prodi S1 Teknik Sipil. 


Sebab, keberhasilan ini tidak hanya membanggakan bagi fakultas dan universitas, tetapi juga merupakan dorongan bagi seluruh mahasiswa dan staf untuk terus berusaha mencapai standar yang lebih tinggi.


Mengingat, sejak menjabat Rektor,  suatu kelembagaan yang disebut dengan Unit Percepatan Akreditasi Unram didirikan awal tahun 2022 lalu.


"Alhamdulillah, Unit Percepatan Akreditasi Unram yang berdiri dan bekerja sama dengan LPMPP dan Fakultas Teknik, terus berusaha bagaimana akreditasi di Fakultas Teknik ini menjadi akreditasi unggul. Hasilnya, kini kelihatan bahwa Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik berdasarkan keputusan LAM Teknik masuk kategori unggul," ujar Prof Bambang, Sabtu 27 April 2024.


Guru Besar Fakultas Pertanian Unram ini, mengaku bahwa peningkatan jumlah prodi akreditasi unggul dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, menjadi fokus dan komitmennya.


Terlebih, rencananya prodi lainnya. Salah satunya juga S1 Pendidikan Sosiologi juga mendapatkan akreditasi unggul


"Kedepan, target kita tahun ini adalah kita akan melakukan re-akreditasi institusi, Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Sehingga dengan adanya penambahan akreditasi unggul yang ada di prodi maka peluang Unram untuk menjadi perguruan tinggi yang terakreditasi unggul akan semakin besar, itulah cita-cita besarnya,” kata Prof Bambang. 


Lebih lanjut dikatakannya, kendati  nanti sudah tercapai APT Unram, pihaknya tidak akan berhenti di situ. 


Hal itu, lantaran Unram akan berusaha agar sedapat mungkin semua prodi yang ada di Unram terakreditasi unggul dan dapat menjadi dasar penilaian untuk Unram dalam menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).


Mengingat, lanjut Prof Bambang, PTN-BH ini menurut aturannya itu, minimal 60% prodi yang ada di sebuah perguruan tinggi harus terakreditasi unggul, baru kemudian bisa mendapat predikat PTN-BH


"Jadi, itu menjadi cita-cita Unram ke depan pada tahun 2025, 2026 atau paling lambat di 2027 kita menuju PTN BH. Ini semua berkaitan, jadi akreditasi prodi akan menunjang akreditasi perguruan tinggi, kemudian akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi prodi akan menunjang untuk menuju PTN-BH ini kira-kira keterkaitannya," jelas dia.


Prof Bambang meminta agar program  percepatan akreditasi menuju unggul ini, didukung semua civitas di Unram.


Hal ini agar kualitas pendidikan di Unram sejajar kualitasnya dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi secara nasional maupun internasional.


Sementara itu, Dekan FT Unram, Muhamad Syamsu Iqbal, S.T., M.T., Ph.D., mengaku bangga  atas pencapaian tersebut. 


Sebab, akreditasi unggul ini adalah bukti nyata dari upaya kolektif fakultas dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.


"Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram, akhirnya terakreditasi Unggul oleh LAM Teknik, yang oleh BANPT lima tahun yang lalu kita hampir mendapat akreditasi A (Unggul), namun kurang beberapa poin saja sehingga saat itu masih terakreditasi B. Sebagai prodi tertua, dengan jumlah dosen dan guru besar terbanyak di lingkungan FT Unram, Prodi Teknik Sipil Unram memang sepantasnya berpredikat unggul," jelas Syamsu Iqbal.


Menurut dia, adanya prestasi ini akan memotivasi pihaknya untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di masa mendatang. 


Apalagi, Teknik Sipil Unram termasuk prodi dengan tingkat keketatan penerimaan mahasiswa baru di bawah 10%.


Itu artinya, Fakultas Teknik masih sangat diminati oleh masyarakat. "Dengan modal tersebut insya Allah Teknik Sipil Unram akan terus meningkatkan layanannya kepada masyarakat, termasuk memperluas cakupan layanan pendidikan baik level S1 dan S2 yang sudah ada, maupun S3 yang sedang kita persiapkan usulan pembukaannya," papar Syamsu Iqbal.


Ia menambahkan bahwa dengan raihan  akreditasi unggul ini, Prodi S1 Teknik Sipil FT Unram semakin dipercaya sebagai salah satu pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar karier di bidang teknik sipil. 


"Terima kasih pak Rektor atas bimbingannya selama ini, sehingga kami mampu meraih akreditasi unggul. Semoga, prestasi ini juga mengukuhkan posisi Unram sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen pada kualitas dan inovasi dalam dunia teknik," tandas Muhamad Syamsu Iqbal, S.T., M.T., Ph.D. (R/L..).

TerPopuler