Mampu Berkuliah di Unram, Ganjar Puji Sosok Gawi Menginspirasi NTB dan Nasional -->

Mampu Berkuliah di Unram, Ganjar Puji Sosok Gawi Menginspirasi NTB dan Nasional

Selasa, 05 Desember 2023, Selasa, Desember 05, 2023

 

FOTO. Ganjar Pranowo saat bersama Abdul Gawai, salah satu penyandang disabilitas yang berprestasi asal Kota Mataram. 














MATARAM, BL - Salah satu penyandang disabilitas di NTB, Abdul  Gawi, termasuk salah satu dari sekian banyak anak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. 


Hal inilah yang membuatnya mampu mengeyam pendidikan di Universitas Mataram (Unram), salah satu PTN terbaik di Provinsi NTB. 


Karena itu, saat diskusi bareng Milenial dan GenZ di Mataram pada Sabtu Malam 2 Desember 2023. Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkesempatan ngobrol dan mendengarkan curhatan Gawi. 


Dalam dialog tersebut, Gawi menanyakan Ganjar soal perhatiannya kepada kaum difabel jika terpilih menjadi presiden di 2024.


"Enggak semua mahasiswa atau kaum disabilitas seberuntung itu Pak, kadang-kadang mereka mau bersekolah enggak ada uang atau orangtua kurang mendukung karena malu punya anak disabilitas. Nah pertanyaannya untuk hal ini adalah, apa langkah Bapak nantinya?" kata Gawi di hadapan Ganjar.


Menurut mahasiswa jurusan pendidikan itu, tidak semua orang seperti dirinya yang mengalami difabel dapat menikmati akses pendidikan.


Ia menyebutkan masih banyak penyandang disabilitas lainnya yang belum dapat menikmati pendidikan padahal menurutnya sama-sama mempunyai hak.


"Jadi saya 9 tahun sekolah di SLB (sekolah luar biasa), jadi ada (teman) yang tidak tahu untuk mencari skill (ilmu), ini bagaimana?" ungkap Gawi.


Menanggapi pertanyaan Gawi, Ganjar menyampaikan nantinya akan membentuk sekolah yang ramah disabilitas.


"Saya mau jawab yang kedua dulu, bagaimana kemudian mereka (difabel) bisa mengakses. Yang diperlukan untuk penyandang disabilitas kesetaraan, mereka bisa setara dengan yang lain, terus inklusi," kata Ganjar.


Disampaikan Ganjar, sekolah-sekolah harus belajar memahami kebutuhan disabilitas, para siswa harus memahami kebutuhan disabilitas.


"Jadi kita harus mengikuti kawan-kawan kita yang berkebutuhan khusus, maksudnya diajari, (misal) bagaimana cara mengucapkan terimakasih," kata Ganjar.


Selain bisa di dunia pendidikan, menurut Ganjar, talenta kaum disabilitas bisa saja mengisi bakat-bakat lain seperti kreatifitas seni atau olahraga.


"Karena kebutuhan khusus jadi tidak semua orang bisa sekolah, bisa olahraga, berkesenian, apapun dari talenta anak itu yang ada," kata Ganjar.


Selain bisa di dunia pendidikan, menurut Ganjar, talenta kaum disabilitas bisa saja mengisi bakat-bakat lain seperti kreatifitas seni atau olahraga.


"Karena kebutuhan khusus jadi tidak semua orang bisa sekolah, bisa olahraga, berkesenian, apapun dari talenta anak itu yang ada," kata Ganjar.


Ganjar mengaku dirinya adalah salah satu pembina atlet yang menampung atlet-atlet berkebutuhan khusus.


Bagi Ganjar Pranowo, dirinya berkeinginan kaum disabilitas mempunyai kesetaraan dalam segala aspek, termasuk penyediaan inklusivitas infrastruktur seperti ruang publik.


"Gawi adalah salah satu anak penyandang disabilitas yang berprestasi di NTB. Maka, saya ingin ada sosok Gawi lainnya di NTB dan di Indonesia yang punya kemampuan lebih, untuk itu Ganjar-Mahfud siap untuk mengapresiasi dan memberikan perhatian khusus pada penyandang disabilitas di semua wilayah di Indonesia," jelas Ganjar Pranowo. (R/L..).


TerPopuler