Rumah Warga Tanjung Luar Ludes Terbakar, Ahmad Amrullah Gercep Turun Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak -->

Rumah Warga Tanjung Luar Ludes Terbakar, Ahmad Amrullah Gercep Turun Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak

Rabu, 18 Oktober 2023, Rabu, Oktober 18, 2023
 FOTO. Wakili Ketua DPC PDIP Lombok Timur Ahmad Amrullah saat menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk warga Tanjung Luar yang rumahnya terbakar dan selanjutnya memberikan bantuan lampu penerangan jalan di Dusun Padak Selatan, Desa Pijot, Kabupaten Lotim.














LOTIM, BL - Caleg PDIP Dapil 2 Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Ahmad Amrullah mewakili Ketua DPC PDIP Lotim, Ahmad Sukro menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk dua orang KK yang rumahnya terbakar di dusun Muhajirin RT 02, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak Kabupaten Lotim, Rabu 18 Oktober 2023. 


Awal mula kejadian kebakaran tersebut terjadi pada  Selasa 17 Oktober 2023 siang sekitar jam 11.00 WITA. Kejadian kebakaran berlangsung cepat karena diduga akibat konsleting listrik. 


Beruntung putra pemilik rumah, Muhammad Yunus yang baru  berusia 8 tahun bisa selamat dalam kejadian ini. 


"Akibat kejadian ini saya menderita kerugian yakni uang tunas hangus terbakar 4 jutaan, rumah,  bangunan dan barang lain yang terbakar totalnya Rp 100 jutaan dan mesin peralatan tangkap ikan hangus terbakar," kata Muhammad Yunus dengan raut muka sedih. 


Yunus melanjutkan kejadian kebakaran ini diawali ketika puteranya memasak ikan, tanpa disadari ada kabel listrik yang terbakar, lantaran diduga akibat percikan api dari kompor gas. 


"Harta benda saya habis semua tanpa tersisa akibat kebakaran ini," ucap Yunus. 


Sementara itu, mendengar info adanya kebakaran yang melanda warga desa Tanjung Luar, Ahmad Amrullah menghubungi Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat.


Oleh Rachmat Hidayat,  DPC PDIP Lotim langsung di instruksikan untuk turun ke lapangan memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan lainnya terkait rumah yang terbakar tersebut. 


"Segera turun ke lokasi kebakaran, berikan bantuan kemanusiaan dalam bentuk sembako, bantuan tunai dan data kerusakan tempat tinggalnya, prioritaskan untuk mendapat bantuan RTLH ," ujar Ahmad Amrullah menirukan instruksi Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat. 


Setelah keluar perintah dari Ketua DPD PDIP NTB, Amrullah bersama Ketua DPC PDIP Lombok Timur, Ahmad Sukro bergegas menyiapkan aneka jenis bantuan sembako untuk disumbangkan kepada dua orang KK warga desa Tanjung Luar yang rumahnya terbakar, yakni Muhammad Yunus dan Aminullah. 


"Hari ini atas nama Ketua DPD PDI NTB dan DPC PDIP Lombok Timur, saya telah menyerahkan bantuan kemanusiaan dan sejumlah uang tunai untuk korban kebakaran agar bisa menyambung hidupnya," kata Wakil Ketua II DPC PDIP Lombok Timur, Ahmad Amrullah melalui pesan tertulisnya, Rabu 18 Oktober 2023. 


Lelaki yang akrab disapa Am ini, mengaku,  bantuan kemanusiaan tersebut, semata-mata untuk berbagi kehidupan sekaligus untuk meringankan penderitaan warga yang terkena musibah kebakaran. 


"Saya bisa merasakan duka dan kesedihan yang mendalam mana harta benda yang dimiliki habis sekejap karena musibah ini," katanya.


Sumbangan Kemanusiaan dari Ahmad Amrullah dari DPC PDI Lombok Timur ini disambut dengan perasaan haru oleh korban kebakaran rumah. 


"Terima Kasih Pak Amrullah atas bantuan dan sumbangan sembakonya ini. Setidaknya ini bisa meringankan beban hidup harian saya dan keluarga," kata Yunus. 


Sementara itu, Kadus Muhajirin Desa Tanjung Luar, Abdul Hamid mengucapkan terima kasih kepada PDIP dan Amrullah yang bergerak cepat membantu warganya yang rumahnya terbakar. 


"Kami atas nama warga Dusun Muhajirin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian Pak Amrullah dan PDIP membantu warga saya yang terkena musibah kebakaran," kata Abdul Hamid. 


Terkait hal ini, Ahmad Amrullah berjanji akan membantu memperbaiki rumah yang terbakar tersebut lewat program aspirasi  RTLH dari H. Rachmat Hidayat. 


"Insya Allah, saya akan laporkan kejadian ini kepada Ketua DPD PDIP NTB, Kak Tuan Rachmat Hidayat yang juga anggota DPR RI dapil Lombok dari komisi VIII agar dapat dibantu melalui aspirasinya program RTLH," kata Amrullah disambut suka cita oleh sejumlah warga yang hadir . 


Usai menyerahkan bantuan kemanusiaan sembako untuk warga yang rumahnya terbakar. Ahmad Amrullah juga langsung menghubungi Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, Haji Suroto.


Direncanakan, Dinsos Lotim akan membawa aneka bantuan sosial Rabu sore (18/10) ini. 


"Bapak Ibu sekalian, Sore nanti Dinas Sosial Lombok Timur akan kemari memberikan aneka bantuan sosial dan sembako," ungkap Amrullah sehabis berkomunikasi dengan Kadis Sosial Lombok Timur. 


Amrullah juga melakukan percakapan via wa kepada Pj Bupati Lombok Timur mengabarkan hal yang serupa. 


"Nanti sepulang dari Jakarta , saya akan disposisi," ujar Am menirukan jawaban dari Pj Bupati Lotim, Juaini Taofik. 


Diketahui, bantuan dari Dinsos Lotim meliputi makanan siap saji, lauk pauk, selimut, kasur , sandang bayi, makanan anak.


Selanjutnya, Kids ware, family kits, sandang dewasa, peralatan dapur dan tenda gulung . 



*Surati Pemkab Lotim


Terpisah, Kades Desa Tanjung Luar,  Saeful Rahman, menuturkan bahwa pihaknya juga telah bersurat kepada Bupati Lotim terkait  laporan kebakaran rumah yang melanda warganya tersebut.


Surat bernomor 361/85/DS. TJLR/2023 ini ditandangani langsung Saeful Rahman. 



*Bantu Lampu Penerangan Jalan


Usai berada di Desa Tanjung Luar. Ahmad Amrullah dan rombongan kemudian bergerak menuju Dusun Padak Selatan, Desa Pijot, Kecamatan Keruak.


Disana, Amrullah menemui Amaq Mariati untuk menyerahkan bantuan sejumlah lampu penerangan jalan agar jalanan di wilayah  selatan wilayah setempat terang dan tidak terkesan 'angker'. 


"Terima Kasih Pak Am atas bantuan Lampu Penerangan Jalan untuk dusun kamu. Semoga sumbangan Pak Amrullah ini tidak berhenti sebatas lampu penerangan jalan," kata Amak Mariati. 


Menanggapi permintaan Amaq Mariati tersebut, Amrullah berjanji akan memberikan bantuan sosial lainnya untuk warga dusun padak selatan. 


"Saya berjanji tetap akan silaturahmi lagi ke dusun padak selatan untuk berbagi kebahagiaan bersama-sama," tandas Amrullah. (R/L..).

TerPopuler