Menangi Balapan WSBK 2023 di Mandalika, Alvaro Bautista : "Saya Hanya Fokus Coba Balap Terbaik Hingga Lap Terakhir" -->

Menangi Balapan WSBK 2023 di Mandalika, Alvaro Bautista : "Saya Hanya Fokus Coba Balap Terbaik Hingga Lap Terakhir"

Minggu, 05 Maret 2023, Minggu, Maret 05, 2023

 

FOTO. Pebalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista (tengah) saat naik podium juara usai memenangi balapan di race final WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah (Loteng). 








LOTENG, BL - Pebalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista memenangi race 2 World Superbike (WSBK) seri Mandalika, Minggu (5/3) kemarin. 


Rider asal Spanyol itu, sempat crash pada Superpole Race. Sedangkan, Toprak Razgatlioglu yang memulai start dari posisi pertama langsung memimpin balapan.


Namun, Bautista yang start dari posisi sepuluh sukses menyalip satu per satu pesaingnya hingga sukses menjadi yang terdepan.


Jalannya race kedua sempat dihentikan karena insiden yang melibatkan Michael van der Mark dengan Philipp Oettl di tikungan ke-11 pada lap ketujuh. Start race kedua kemudian diulang dengan 14 lap balapan


Rekan setim Bautista di Aruba Ducati, Michael Ruben Rinaldi, sempat memimpin balapan. Pada lap terakhir, Bautista berhasil menyalip Rinaldi yang membuat kesalahan kecil dan terlempar ke posisi ke-4.


Dengan kemenangan ini, Bautista berhasil memenangi lima dari enam balapan dalam rangkaian WSBK 2023. Tiga balapan sebelumnya berhasil ia menangi pada WSBK 2023 yang digelar di Philip Island, Australia.


"Saya hanya fokus, mencoba yang terbaik, dan pada lap terakhir saya melihat saya lebih cepat dari rekan saya Rinaldi, dan saya bisa menang," ujar sang juara dunia 2022 itu dalam wawancara usai balapan.


Blunder Rinaldi juga membuat dirinya disalip pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu dan Pembalap Honda Racing Team Xavi Vierge.


Toprak mendaku, bahwa ia menjalani race kedua lebih baik daripada race pertama. Ia tidak mengalami masalah berarti pada motornya seperti saat race pertama, hingga akhirnya bisa finis di posisi runner-up.


"Kami melakukan improvisasi besar pada motor saya, saya lebih senang di race 2. Saya mencoba usaha terbaik saya, tapi saya hanya mampu mencapai posisi kedua," ujar Toprak.


Sementara podium ketiga diraih Pembalap Honda Racing Team Xavi Vierge. Ini adalah kali pertama Xavi menyentuh podium.


"Saya berjuang sepenuh tenaga di balapan ini. Setelah awal musim yang berat, saya mencoba untuk tetap tenang dan menyiapkan rencana dengan matang sehingga bisa mengambil peluang," jelas Vierge.


Dengan pencapaian ini, Bautista masih memimpin klasemen pembalap dengan 112 poin, disusul dengan Toprak dan Locatelli dengan masing-masing 75 dan 70 poin.


Setelah seri Mandalika, selanjutnya WSBK 2023 akan digelar di Assen Circuit, Belanda pada 21-23 April mendatang. (R/L..).


FOTO. Pebalap Spanyol, Alvaro Bautista (kiri) saat merayakan kemenangannya. 


Hasil Race 2 WSBK Mandalika 2023


1. Alvaro Bautista (Aruba.It Racing Ducati)

2. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon WorldSBK) +1,218 detik

3. Xavi Vierge (Team HRC) +3,050 detik

4. Michael Rinaldi (Aruba.It Racing Ducati) +4,068 detik

5. Andrea Locatelli (Pata Yamaha Promoteon WorldSBK) +4,848 detik

6. Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team) + 5,838 detik

7. Remy Gardner (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team) +6,339 detik

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing) +6,796 detik

9. Iker Lecuona (Team HRC) +9,095 detik

10. Scot Redding (Rokit BMW Motorrad WorldSBK Team) +9,659 detik

11. Gerlovv (Bonovo Action BMW) +9,832 detik

12. Dominique Agerter (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team) +11,264 detik

13. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK) +15,167 detik

14. Lorenzo Baldassari (GMT94 Yamaha) +15,653 detik

15. Hafizh Syahrin (Petronas MIE Racing Honda Team) +37,461 detik.

TerPopuler