Berkas Subuhunnuri dan Evi Apitamaya jadi Balon DPD RI NTB Dinyatakan Lengkap -->

Berkas Subuhunnuri dan Evi Apitamaya jadi Balon DPD RI NTB Dinyatakan Lengkap

Minggu, 25 Desember 2022, Minggu, Desember 25, 2022

 

FOTO. Plh Ketua KPU NTB Agus Hilman (kanan) saat menerima berkas syarat dukungan fisik  Calon petahana, Eviapitamaya




MATARAM, BL - Sebanyak dua bakal calon (balon) dari sebanyak 23 balon DPD RI yang sudah diberikan akses silon untuk penginputan syarat dukungan, sudah menyerahkan dukungannya secara fisik kepada KPU NTB.


Dua orang itu, yakni  Subuhunnuri dan Evi Apitamaya selaku calon petahana. 



Plh Ketua KPU NTB Agus Hilman, mengatakan, untuk dua orang balon DPD RI yang sudah menyerahkan syarat dukungan secara fisik. Berkasnya, setalah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator KPU NTB, dinyatakan lengkap dan diterima. 


"Untuk Pak Subuhunnuri berkas fisik syarat dukungan sebanyak 2.887 orang yang tersebar di delapan kabupaten/kota di NTB. Sementara, ibu Evi Apitamaya berjumlah sebanyak 5.828 dukungan yang tersebar di 10 kabupaten kota di Provinsi NTB," ujar Agus dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Minggu (25/12). 


FOTO. Plh Ketua KPU NTB Agus Hilman (kanan) saat menerima berkas syarat dukungan fisik  balon DPD RI Subuhunnuri di kantor KPU setempat. 




Menurut Agus, saat menyerahkan dukungan dua orang balon DPD RI itu, ia didampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Yan Marli  dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Zuriati


Pihaknya membenarkan jika sebanyak 23 orang balon DPD RI yang sudah diberikan akses ke Silon untuk penginputan syarat dukungan, mayoritas merupakan politisi senior dan kawakan di NTB.


Mereka yakni, mantan Bupati Lombok Barat juga Mantan Ketua DPD Golkar NTB, Zainy Arony, mantan Anggota DPRD NTB dan Cabup Sumbawa Nurdin Ranggabarani, mantan Anggota DPRD NTB dan Mantan Cawagub NTB yang juga pimpinan tokoh Ormas NW Lalu Gede Sakti, serta empat anggota DPD RI Dapil NTB periode 2019 – 2024, yang kembali maju mencalonkan diri.


"Alhamdulillah, kita bersyukur sekarang ini, sudah banyak nama tokoh tenar yang siap menjadi calon DPD RI dari NTB," ucap Agus. 


Ia menjelaskan, sesuai jadwal tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, maka untuk penginputan syarat dukungan Balon DPD RI ke aplikasi Silon sudah dilakukan sejak 6 Desember lalu.


Di mana, lanjut Agus, para balon DPD RI terlebih dahulu mengambil akun dan password aplikasi Silon kepada KPU untuk penginputan syarat dukungan tersebut. 


Direncanakan penginputan syarat dukungan ke aplikasi Silon dilakukan dari tanggal 6 hingga 29 Desember 2022. “Masing-masing Balon DPD sedang proses input dukungan ke Silon,” kata Agus.


Selain penginput syarat dukungan ke Silon. Para balon DPD juga diwajibkan menyerahkan berkas syarat dukungan itu secara fisik kepada KPU.


Penyerahan berkas syarat dukungan secara fisik kepada KPU dilakukan dari tanggal 16 Desember hingga 29 Desember 2022.


“Sejak dimulai untuk penyerahan berkas syarat dukungan secara fisik, baru ada dua orang yang sudah menyerahkan kepada KPU NTB,” ucap Agus. 


Lebih lanjut, berdasarkan kepada keputusan KPU nomor 478 tahun 2022 tentang penetapan jumlah dukungan minimal dan sebaran sebagai pemenuhan persyaratan dukungan minimal untuk balon DPD RI.


“Untuk Balon DPD dapil NTB, syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi yakni sebanyak 2000 dukungan dan minimal tersebar di lima kabupaten dan kota di NTB,” ungkap Agus. 


Kemudian nanti, KPU akan melakukan verifikasi baik administrasi maupun faktual terhadap persyaratan dukungan dan sebaran yang sudah diserahkan kepada KPU tersebut.


Dari hasil verifikasi administrasi dan faktual tersebut, selanjutnya ditetapkan apakah persyaratan dukungan berstatus memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).


Jika syarat dukungan itu berstatus MS. Maka yang bersangkutan berhak untuk daftar sebagai calon anggota DPD RI pada Pemilu 2024.


Sebaliknya, jika TMS maka yang bersangkutan gugur. Alias tidak bisa daftar sebagai calon DPD RI. “Pendaftaran calon DPD RI akan dilakukan tanggal 1 – 16 Mei 2023,” tandas Agus Hilman. (R/L..). 

TerPopuler