Gandeng Alam Daur, PLN Dirikan Pondok Baca di Loteng -->

Gandeng Alam Daur, PLN Dirikan Pondok Baca di Loteng

Rabu, 22 Juni 2022, Rabu, Juni 22, 2022

FOTO. Inilah Pondok Baca Alam Daur yang didirikan PLN di Dusun Sinta, Desa Batujai, Praya Barat, Loteng. 




LOTENG, BL – Untuk meningkatkan minat baca dan menambah wawasan anak,  PLN Nusa Tenggara Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) membangun pondok baca di Dusun Sinta, Desa Batujai, Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng). 


Berkolaborasi dengan kelompok pemuda setempat, Alam Daur, pembangunan pondok baca yang diberi nama "Pondok Baca Alam Daur" ini direncanakan akan selesai pada Juli tahun ini. 


Manager PLN Unit Layanan pelanggan (ULP) Praya, Akhmad Muhari, mengatakan, di era perkembangan teknologi yang cukup pesat,  tantangan untuk membaca buku saat ini sangat besar, terutama pada anak.  


Karena itu, untuk mengembalikan dan meningkatkan minat baca anak melalui pendidikan informal yang menjangkau sampai pelosok, sangat diperlukan kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak.


“Semoga bantuan ini bermanfaat dan apa yang diberikan oleh PLN dapat dijaga sehingga kemanfaatannya berlangsung secara terus-menerus. Dengan minat baca tinggi, pengetahuan juga semakin tumbuh, kualitas SDM juga akan meningkat,” ujar Muhari dalam siaran tertulisnya, Rabu (22/6).


Pondok baca ini berdiri di lahan seluas 40 meter persegi. Total bantuan yang diberikan di lokasi ini mencapai Rp 117 juta. Bantuan diberikan dalam bentuk pembangunan pondok baca dan juga buku.  


Sementara itu, Ketua Pemuda Alam Daur, Bukran, mengatakan, bahwa kelompoknya bertekad untuk menyediakan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak-anak, sehingga mereka dapat mengembangkan rasa ingin tahu, bakat, dan kepekaan seni mereka dengan cara-cara yang asyik dan menyenangkan. 

Bukran juga mengungkapkan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan, membangun pondok membaca yang lebih baik.


“Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Kehadiran pondok baca ini adalah merupakan harapan dari anak-anak sekitar Dusun Sinte. Tentunya minat baca anak di dusun akan meningkat, karena sekarang fasilitas untuk membaca lebih nyaman," kata Bukran. 


Bukran juga berharap, dengan fisik bangunan dan fasilitas yang lebih baik ini dapat meningkatkan jumlah peserta didik Kelompok Alam daur dan menjangkau daerah yang lebih luas.  


Tak hanya di Lombok Tengah, PLN juga akan membangun pondok baca di Lombok Timur dan Lombok Utara dengan menggandeng kelompok pemuda setempat. (R/L..).

TerPopuler