Waspada Angin Kencang Empat Hari Kedepan di NTB -->

Waspada Angin Kencang Empat Hari Kedepan di NTB

Rabu, 13 Maret 2024, Rabu, Maret 13, 2024

 

FOTO. Petugas dibantu warga setempat tengah membersihkan ranting pohon yang jatuh di wilayah Senggigi, Kecamatan Batulayar. 












MATARAM, BL - Adanya bibit siklon tropis 91S dan 94S di selatan Jawa memberikan dampak tidak langsung di wilayah NTB yaitu peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang hingga empat hari kedepan. 


Selain itu, bibit siklon juga memiliki potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di wilayah NTB.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem di wilayah NTB pada 13-17 Maret 2024.


"Waspada potensi cuaca ekstrem hingga empat hari kedepan yakni, mulai tanggal 13-17 Maret 2024 di wilayah NTB," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Zaenuddin Abdul Majid, Lombok, NTB, Satria Topan Primadi pada wartawan, Rabu 13 Maret 2024. 


Menurut dia, pihaknya terus melakukan monitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.


Kondisi atmosfer menunjukkan aktifnya beberapa fenomena yang mendukung pembentukan awan hujan yang cukup intensif dalam beberapa waktu ke depan di antaranya aktifnya gelombang atmosfer Equatorial Rossby serta aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia.


"Selain itu, terpantau sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung yang membentuk daerah pertemuan angin (konvergensi) di wilayah NTB," kata Satria.


Ia mengatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk NTB dalam beberapa hari ke depan.


Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 13-17 Maret 2024 di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.


"Selain itu, juga di wilayah Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu pada pagi hingga dini hari," ungkap Satria Topan Primadi.


Sementara itu,  dilaporkan sejumlah pohon tumbang di berbagai wilayah di Mataram dan Lombok Barat pada Rabu 13 Maret 2024. Di Mataram pohon besar di depan Masjid Baitussalam Polda NTB di jalan Langko Kota Mataram tumbang pada sekitar pukul 12:40 WITA. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.


Pohon tersebut hanya menimpa tembok bagian luar masjid dan tidak membuat arus lalu lintas macet.


Selanjutnya di wilayah Senggigi, Lombok Barat. Beruntung tidak ada korban jiwa. (R/L..).


TerPopuler