Peduli Disabilitas di Hari Disabilitas Internasional, Haji Rachmat Bantu Motor Roda Tiga Wirausaha untuk Disabilitas Desa Lembar -->

Peduli Disabilitas di Hari Disabilitas Internasional, Haji Rachmat Bantu Motor Roda Tiga Wirausaha untuk Disabilitas Desa Lembar

Senin, 04 Desember 2023, Senin, Desember 04, 2023

 

FOTO. Anggota DPR RI dapil Pulau Lombok, H.Rachmat Hidayat saat menyerahkan bantuan Aspirasi bersumber dari Kemensos RI, Motor Roda Tiga untuk Disabilitas di Desa Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). 














MATARAM, BL - Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PDI Perjuangan, H.Rachmat Hidayat menyerahkan bantuan motor roda tiga untuk wirausaha bagi penyandang disabilitas di Desa Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).


Bantuan yang berasal dari aspirasi dan wasilah Rachmat Hidayat dari Program Atensi Kementrian sosial RI  khusus untuk Penderita Disabilitas, menariknya diserahkan saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional. 


Harapannya, dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan. Sehingga, Penderita Disabilitas mampu bertahan hidup dengan membuka usaha secara mandiri.


"Hari ini, saya dedikasi Bantuan Motor Roda Tiga untuk Bapak Santoso, seorang Disabilitas yang memiliki kemauan berwirausaha agar hidup mandiri , tidak tergantung pada belas kasihan orang lain," kata Rachmat Hidayat pada wartawan, Senin 4 Desember 2023. 


Menurut Anggota DPR RI Dapil NTB-2 (Pulau Lombok) ini,  dengan bantuan Motor Roda Tiga yang disumbangkan ini bisa dijadikan spirit para penderita disabilitas lainnya untuk setara (equal) dalam mengarungi kehidupan. 


Terbukti, ia sengaja menyerahkan bantuan aspirasinya dilakukan secara informal, dipinggir jalan agar masyarakat Dusun Lembar Barat bisa menyaksikan langsung prosesi penyerahan bantuan ini secara transparan.


"Saya berjanji nanti setelah ini ada berbagai bantuan sosial dari aspirasi komisi VIII untuk masyarakat lombok barat," tegas Rachmat


Kehadiran Rachmat Hidayat diacara ini didampingi Anggota DPRD Lombok Barat dari PDIP yakni H.L.Muhammad Ismail dan Baiq Nurjani.


Terpisah, Kasubag TU Mahatmiya Bali , Syahrun Nadlir mengatakan, Bantuan Motor Roda Tiga  Program Atensi Kewirausahaan bersumber dari Mahatmiya Bali unit Kemensos RI. 


"Karena lingkup kegiatan Mahatmiya Bali di orientasikan ke luar, maka kami bisa membantu Motor Roda Tiga setelah mendapat  permintaan (request) dari Sentra Paramita Mataram Kemensos RI," ujar  Syahrun Nadlir . 


Lelaki kelahiran Bima yang karib dipanggil Deo ini, mengatakan untuk kendaraan bantuan ini tidak bisa diperjual-belikan dengan cara dan alasan apapun. 


"Nanti secara berkala, Mahatmiya Bali akan melakukan monitoring terhadap penggunaan dan capaian atau hasil usahanya,"kata Deo. 


Deo melanjutkan dari hasil monitoring dan evaluasi atas bantuan kewirausahaan khususnya untuk penderita disabilitas ada peningkatan yang signifikan terhadap manfaat bantuan kewirausahaan.


"Kebanyakkan penderita disabilitas yang dibantu program atensi rata-rata usahanya bertambah maju," ucap dia. 


Sementara Kasubag TU Sentra Paramita Mataram, Ibrahim Firdaus mengatakan pihaknya juga membantu aneka paket makanan nutrisi untuk Santoso. 


"Sentra Paramita Mataram membantu aneka paket makanan nutrisi untuk penderita disabilitas," kata dia.


Selanjutnya penderita disabiltas penerima manfaat bantuan Sosial, Santoso mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Rachmat Hidayat dan Kemensos RI, Ibu Risma yang begitu peduli terhadap kehidupannya. 


"Mengingat Gang tempat tinggal saya sempit , maka Motor Roda Tiga merk Viar akan saya taruh di kios tempat saya jualan yakni di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat," ungkap Santoso dengan ekspresi gembira.


Terakhir pria yang sudah berwirausaha di Pelabuhan Lembar bertahun-tahun ini, menambahkan bahwa dengan adanya motor roda tiga ini, tentunya dirinya lebih mobile dalam menyambangi pelanggannya jika melakukan order via online. 


"Dengan Bantuan Motor Roda Tiga saya yakin pendapatan dari jualan akan bertambah setiap bulannya," tandas Santoso.  (R/L...).

TerPopuler