Membanggakan, Bawaslu NTB Borong Tiga Penghargaan Anugerah Kehumasan Bawaslu RI -->

Membanggakan, Bawaslu NTB Borong Tiga Penghargaan Anugerah Kehumasan Bawaslu RI

Kamis, 23 November 2023, Kamis, November 23, 2023

 

FOTO. Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja saat menyerahkan penghargaan pada anggota Bawaslu NTB yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas, Hasan Basri (kanan) saat Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2023. 












MATARAM, BL – Bawaslu NTB memborong tiga penghargaan pada Anugerah Kehumasan Bawaslu Tahun 2023 yang digelar di Grand Paragon Hotel pada Rabu Malam, 22 November 2023. 


Tiga penghargaan yang diserahkan saat Rapat Koordinasi Nasional itu, yakni  Terbaik I untuk kategori Pengelolaan Media Sosial Terbaik, Terbaik I kategori Pengelolaan Pemberitaan Terbaik, dan Terbaik I kategori Penulisan Berita Terbaik. 


Penghargaan diserahkan Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dan diterima oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas, Hasan Basri. 


Hasan mengaku, bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada kinerja Tim Humas Bawaslu NTB yang konsisten dalam menyampaikan informasi dan edukasi melalui media sosial dan website lembaga. 


“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas capaian ini, tentunya ini hasil kerja kolektif dan konsistensi tim Humas,” kata  Hasan pada wartawan, Kamis 23 November 2023. 


Mantan Ketua Bawaslu Kota Mataram ini, mengatakan, bahwa anugrah Kehumasan yang diraih oleh Bawaslu NTB merupakan wujud dari kinerja konsisten dan komitmen Bawaslu setempat, untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai Pemilu dan pengawasan Pemilu. 


Selain itu, Bawaslu NTB juga terus berupaya untuk menjaga iklim pemberitaan Pemilu di Provinsi NTB tetap positif dan transparan melalui publikasi-publikasi informatif dan edukatif. 


“Penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi Bawaslu NTB untuk meningkatkan kerja-kerja kehumasan, baik di provinsi, kabupaten/kota, hingga di tingkat kecamatan,” ucap Hasan. 


Ia menegaskan bahwa tiga penghargaan sekaligus yang diperoleh Bawaslu NTB, akan menjadi trigger untuk semakin meningkatkan kinerja kehumasan di berbagai aspek, seperti memasifkan informasi dan konten edukasi melalui berbagai media. 


“Tentu kita berharap Bawaslu NTB dapat semakin masif memproduksi konten berita yang ditulis sesuai kaidah dan kode etik jurnalistik, serta memuat informasi dan edukasi untuk masyarakat. Produktivitas kerja kehumasan sebagai corong lembaga sudah saatnya bermetamorfosis ke arah yang lebih edukatif,” tegas Hasan. 



FOTO. Anggota Bawaslu NTB Hasan Basri (tengah) bersama Tim Humas Bawaslu setempat menunjukan tiga penghargaan yang diraih. 



Lebih lanjut dikatannya, sejauh ini, masih banyak aspek kehumasan di tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan yang memerlukan peningkatan di berbagai aspek. Hal ini mencakup peningkatan kapasitas SDM Kehumasan di Kabupaten/Kota dan Kecamatan demi memberikan informasi yang akurat, cepat, dan kredibel kepada masyarakat. 


“Harapannya ke depan dapat diadakan peningkatan kapasitas bagi humas Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwascam, bagaimana menulis berita dan menyampaikan informasi yang menarik dan dapat dicerna oleh masyarakat,” jelas Hasan. 


Hasan menyebut kehumasan di tingkat Kecamatan memerlukan perhatian dari sisi kapasitas dan pengelolaan, baik pemberitaan dan media sosial. Hal ini dikarenakan Panwascam berada di level yang paling dekat dengan masyarakat di tingkat lokal, sehingga perlu kemampuan pengelolaan kehumasan yang baik untuk dapat menyampaikan informasi dengan akurat dan konsisten kepada masyarakat. 


“Produk kehumasan Bawaslu di berbagai tingkat juga harus bersifat korektif, artinya menjadi sumber informasi yang kredibel untuk meluruskan berbagai mis informasi dan isu negatif terkait kepemiluan di tengah masyarakat,” ungkap Hasan.


Ia menambahkan,  sesuai dengan arah kebijakan kehumasan Bawaslu yang disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut, bahwa kehumasan Bawaslu kini berorientasi pada pencegahan, edukasi, dan peningkatan partisipasi masyarakat. 


"Tentunya, tiga aspek ini akan lebih banyak kita dorong dalam rangka melawan informasi hoaks dan ujaran kebencian yang kini masif di media sosial," tandas Hasan Basri. (R/L..).

TerPopuler