Dikecam saat Tolak Timas Israel U-20, Kini Pernyataan Ganjar Bela Palestina Terbukti -->

Dikecam saat Tolak Timas Israel U-20, Kini Pernyataan Ganjar Bela Palestina Terbukti

Selasa, 07 November 2023, Selasa, November 07, 2023

 

FOTO. Para warganet dan para pakar mulai memuji kiprah Ganjar yang sempat menolak timnas U-20 Israel. Kini akhirnya mereka ramai membela Ganjar akan sikap politiknya dulu lantaran kebiadaban tentara Israel pada warga sipil Palestina akhir-akhir ini. 













Kebiadaban tentara Israel yang kini meluluhlantakkan wilayah Gaza di Palestina, terus menjadi sorotan sejumlah tokoh dunia. 


Di Indonesia, aksi kecaman terhadap serangan Israel kini kian marak. Terlebih, perang Israel-Palestina merupakan bentuk invasi, aneksasi dan agresi Israel terhadap bangsa Palestina.


FAHRUL MUSTOFA - MATARAM 


Data Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan sebanyak 6.546, termasuk 2.704 anak-anak menjadi korban tewas di Gaza hingga kini. Sementara korban tewas di wilayah Tepi Barat ada 103, termasuk 30 anak-anak dan 1 perempuan.


Karena itu, berbagai doa umat islam di sejumlah masjid di Provinsi NTB kini mulai ramai usai pelaksanaan shalat wajib lima waktu. Namun dibalik itu semuanya, aksi penolakan Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo hingga Gubernur Bali Wayan Koster dan PDIP yang menentang partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20 pada Maret 2023 lalu, mulai menuai pujian pada warganet.



Sebab, tujuh bulan pasca penolakan itu. Kini, perang Palestina dan Israel benar-benar pecah. 


"Penolakan Ganjar hingga tokoh PDIP akhirnya terbukti. Disini saya melihat sosok Ganjar dan PDIP adalah sebuah sikap yang benar-benar mengedepankan manifestasi dari visi yang konsisten untuk membela rakyat Palestina seperti yang sudah diterapkan oleh Presiden Soekarno," ujar Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing dalam pesan WhatsAppnya yang dikirimkan di grup Jurnalis Parlemen NTB, Senin 6 November 2023. 



FOTO. Rusaknya rumah-rumah warga Palestina yang diluluhkantakan tentara Isreal


Ia menilai Ganjar Pranowo lebih unggul dan visioner dibanding para capres lainnya dalam merespons konflik Israel-Palestina. 


Emrus menyebutkan, Ganjar merupakan capres yang paling tegas dan berpihak pada kemerdekaan Palestina.


Isu kemerdekaan Palestina kembali mencuat setelah konflik antara Israel dan Palestina memanas di wilayah Gaza. Dalam konflik tersebut, kelompok Hamas meluncurkan serangan-serangan terhadap wilayah Israel, yang dianggap sebagai bagian dari rencana strategis yang telah mereka persiapkan selama bertahun-tahun. 


Kekejaman yang terjadi di tengah konflik ini, terutama yang dilakukan oleh pihak Israel terhadap rakyat Palestina, telah menyebabkan meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.


FOTO. Warga Palestina melakukan shalat jenazah diatas puing-puing bangunan masjid yang dirusak oleh tentara Israel. 


Reaksi terhadap kekerasan ini terlihat dari sikap solidaritas berbagai tokoh di berbagai belahan dunia terhadap penderitaan rakyat sipil yang terjebak dalam konflik di sepanjang Jalur Gaza. 


Banyak yang mengecam tindakan kekerasan yang menyebabkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di wilayah tersebut, sambil menyerukan agar kedua belah pihak mencari solusi damai yang menghormati hak asasi manusia.


Sebelumnya, berbagai media menyebut Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 sebagai sosok yang irit bicara dalam mengomentari konflik tersebut. 


Namun, yang perlu ditekankan adalah sikap hormat Ganjar terhadap Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri, yang dianggap lebih berwenang untuk memberikan pandangan resmi terkait isu ini. 


Ganjar merasa penting untuk memberikan ruang kepada pihak berwenang untuk menangani masalah ini sejalan dengan kepentingan nasional, tanpa menimbulkan ketegangan lebih lanjut.


Dalam konteks ini, Ganjar ingin menunjukkan ketaatannya terhadap prinsip-prinsip diplomasi dan hubungan internasional, serta menghindari tindakan yang dapat memperkeruh situasi yang sudah kompleks.


Lebih lanjut dikatakannya, pernyataan Ganjar yang menentang partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20 dipandang sebagai manifestasi dari visi yang konsisten.


“Ganjar pada saat menolak Israel pada perhelatan Piala Dunia U-20 itulah Ganjar sebagai seorang negarawan. Kalau dia berpikir soal elektoral, lebih baik dia diem. Tetapi, dia tegas mengatakan bagi dia sebagai negarawan bukan soal elektoral, tapi soal sikap. Saya kira itu sebagai bentuk dari pada ketegasan dia dari garis daripada konstitusi kita, UUD 1945," jelas Emrus.


Sebelumnya, Ganjar menegaskan, bahwa sikapnya menolak kedatangan timnas Israel ke Indonesia, dilandasi oleh komitmennya dalam memegang teguh amanat Bung Karno yang mendukung kemerdekaan Palestina.


“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan Conference of the New Emerging Forces,” ujarnya beberapa waktu lalu.



FOTO. Para orang tua dan warga Palestina tengah mencari sisa puing-puing kehancuran rumahnya untuk dapat dijadikan tempat tinggal sementara 


Pendukung Ganjar pun semakin bangga dengan sikapnya tersebut. Pada acara doa bersama yang dihadiri oleh puluhan ribu orang dan dihadiri oleh Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD, seorang pengunjung mengibarkan bendera Palestina, kenang sikap ganjar tolak Timnas Sepak Bola U-20 Israel.


Pengunjung tersebut bernama Nabil, warga asal Sumenep, Jawa Timur. Ia mengibarkan bendera tersebut agar dilihat oleh calon wakil presiden Mahfud MD dan petinggi DPP PDIP serta petinggi parpol pendukung Ganjar-Mahfud dalam acara doa bersama.


“Saya ingin di tengah-tengah puluhan ribu orang ini tetap ada bendera Palestina yang berkibar biar dilihat Pak Mahfud atau Pak Ganjar,” ujarnya, Stadion Gelora Joko Samudra (Gejos) Gresik Jawa Timur, yang viral di media sosial tiktok. 


Alasan Nabil mengibarkan bendera tersebut karena mengingat sikap dari calon presiden usungan partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.


Nabil juga berkeyakinan, Capres-Cawapres pilihannya itu akan membela Palestina saat terpilih nanti di Pilpres 2024.


“Karena saya yakin ketika mereka terpilih pasti akan membela Palestina. Karena sebelumnya Pak Ganjar kan pernah menolak Israel main di Indonesia,” tandas dia. 


Dan akhirnya pada gilirannya, mengutip kata-kata Adian Napitupulu, bahwa, waktu akan menjadi penguji paling setia. Kini inipun terbukti. 


“Orang bisa berdalih macam-macam, waktu yang akan menjadi penguji paling setia dari masing-masing kita, waktu akan menguji kata-kata kita, waktu akan menguji kebersihan kita,” kata Adian. (***).



TerPopuler