Ulang Tahun ke-58 di Momentum Hari Pancasila 2023, Lalu Gita : "Semoga Saktinya Pancasila, Merasuk Saktiku Juga" -->

Ulang Tahun ke-58 di Momentum Hari Pancasila 2023, Lalu Gita : "Semoga Saktinya Pancasila, Merasuk Saktiku Juga"

Senin, 02 Oktober 2023, Senin, Oktober 02, 2023

 


FOTO. Presiden Jokowi saat menyalami Pj Gubernur H.Lalu Gita Ariadi usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur











MATARAM, BL - Penjabat (Pj) Gubernur NTB HL.Gita Ariadi menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Minggu 1 Oktober 2023. 


Menurut Gita, momentum Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, terasa spesial. Sebab, ia juga merayakan hari kelahirannya ke-58 tahun di kantor Penghubung NTB di Jalan Garut 5 Nomor Menteng.


Bahkan, sejumlah kerabat hingga anak-anak yatim piatu ikut merayakan momen kebahagiannya tersebut. 


"Alhamdulillah, dan terima kasih kepada ninik mamik sanak bije laki bini, kerabat, sahabat, dan anak-anak yatim piatu yang datang ke kantor Penghubung NTB di Jalan Garut 5 Menteng. Mereka semuanya ikut berdoa dan berbagi bahagia  di hari kesaktian Pancasila dan hari kelahiran saya," ujar Lalu Gita pada BERITA LOMBOK melalu pesan WhatsAppnya, Senin (2/10) 


Ia mengatakan, bahwa kedatangannya bersama para penjabat Gubernur di Indonesia ke Istana Merdeka di Jakarta, adalah dalam rangkaian mengikuti rangkaian upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023.


Selanjutnya, para penjabat gubernur menghadiri kegiatan Istana Berbatik sebagai rangkaian peringatan Hari Batik Nasional yang dilakukan setiap tanggal 2 Oktober. 


"Nanti, para Menteri dan Istri, Para Gubernur dan Istri akan menjadi peragawan dan peragawati berbusana kain batik daerah masing-masing," kata Lalu Gita Ariadi. 


"Semoga saktinya Pancasila, merasuk saktiku juga," sambung dia. 


Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Minggu 1 Oktober 2023. Upacara berlangsung pada pukul 07:55 WIB.


Presiden Jokowi yang mengenakan jas berwarna hitam masuk ke panggung upacara didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Upacara ini turut dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin.


Selain itu tampak hadir sejumlah menteri, di antaranya yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. 


Kemudian dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dan mengheningkan cipta.


“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa, utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.


Dalam upacara ini, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.


Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya. (R/L..). 

TerPopuler