Pebalap Tim Aprilia "Rajai" FP MotoGP Mandalika 2023 -->

Pebalap Tim Aprilia "Rajai" FP MotoGP Mandalika 2023

Jumat, 13 Oktober 2023, Jumat, Oktober 13, 2023

 

FOTO. Inilah duo Pebalap Tim Aprilia yakni, Aleix Espargaro (kiri) dan Maverick Vinales yang masing-masing menjadi tercepat pertama dan kedua dalam balapan Free Practice (FP) di Sirkuit Mandalika, Jumat (13/10). 














LOTENG, BL - Duo pebalap Tim Aprilia tampil dominan dalam sesi free practice (FP) MotoGP Mandalika 2023 di Kabupeten Lombok Tengah (Loteng) pada Jumat 13 Oktober 2023.


Mereka yakni, Aleix Espargaro menjadi yang tercepat, disusul Maverick Vinales di urutan kedua.


Berlangsung dengan cuaca panas dengan suhu 32 derajat celsius pada pukul 14.00 WITA. Awalnya, Fabio Di Giannantonio menjadi yang tercepat di lima menit pertama dengan catatan waktu 1 menit 32,186 detik. Namun segera direbut Aleix Espargaro yang membukukan waktu 1 menit 31,783 detik.


Aleix kemudian mempertajam waktunya menjadi 1 menit 31,347 detik. Selama 45 menit pertama, tak ada yang mampu menyalip torehan tersebut.


Rekan setimnya, Maverick 'boleh pinjam seratus' Vinales membuntuti dengan catatan waktu 1 menit 31,351 detik.


Di sisa waktu 15 menit, Aleix kembali memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 31,088 detik, sebelum terjatuh di tikungan 10 saat waktu tersisa kurang lebih 13 menit.


Marco Bezzecchi merangsek ke posisi teratas dengan raihan 1 menit 30,644 detik di sisa waktu sekitar 10 menit. Sebelumnya, Vinales juga menorehkan waktu 1 menit 30,853 detik, membuat Aleix turun dua level ke peringkat tiga.


Para pebalap mencoba menggeber motor mereka lebih kencang di sisa lima menit terakhir. Akibatnya, sejumlah crash terjadi.


Enea Bastianini terjatuh di sisa waktu kruang dari lima menit. Ia masih berjarak 1,5 detik dari Bezzecchi saat motornya mendarat di gravel. Jack Miller juga terjatuh di tikungan 1 di sisa waktu kurang dari tiga menit.


Aleix yang kembali ke trek usai crash sukses memperbaiki waktunya menjadi 1 menit 30,474 detik, membuatnya kembali naik ke urutan teratas dan bertahan hingga sesi practice usai.


Vinales dan Bezzecchi menempati tiga besar, disusul Brad Binder, Jorge Martin, Marc Marquez, Miguel Oliveira, Diggia, Miller, dan Fabio Quartararo di 10 besar. 


Mereka semua langsung lolos ke Q2 pada sesi kualifikasi pada besok, Sabtu (14/10) 


Juara bertahan Francesco Bagnaia gagal menembus 10 besar usai melebar dalam percobaan terakhir. Ia harus mengikuti sesi Q1 lebih dulu besok dalam upaya mengejar pole position MotoGP Mandalika.





*Alex Marquez Mundur


FOTO. Pebalap Alex Marquez saat crush dan keluar lintasan di FP 1 sebelum memutuskan mundur dari MotoGP Mandalika 2023 akibat cederanya masih kambuh usai terjatuh kembali di Sirkuit Mandalika. 





Sementara itu, adik kandung pebalap Repsol Honda (Marc Marquez), yakni Alex Marquez batal balapan di Sirkuit Mandalika.


Awalnya, rider andalan tim Gresini Racing sempat tampil di FP1, namun akhirnya ia memutuskan mundur dari MotoGP Indonesia 2023.


Alex Marquez sempat mengalami cedera setelah crash di MotoGP India 2023. Di mana ia mengalami tiga patah tulang rusuk.


Cedera tersebut membuat Alex Marquez absen dari balapan di MotoGP India dan Jepang. Dia kemudian mendapat lampu hijau untuk tampil di MotoGP Indonesia akhir pekan ini.


Hanya saja, Gresini lantas mengonfirmasi bahwa Alex Marquez tidak bisa lanjut tampil di MotoGP Indonesia 2023.


"Alex Marquez absen di #IndonesianGP karena rasa sakit setelah mencoba kondisi badannya di FP1 MotoGP," demikian bunyi pernyataan Gresini di akun media sosialnya.


Alex Marquez kini hanya punya waktu satu minggu untuk memulihkan diri sebelum rangkaian MotoGP Australia dimulai pekan depan. (R/L..).

TerPopuler