Hadirkan Pendidikan Kelas Dunia di NTB, Unram dan Shangrao Normal University Mulai Operasionalkan "Mandarin Center" -->

Hadirkan Pendidikan Kelas Dunia di NTB, Unram dan Shangrao Normal University Mulai Operasionalkan "Mandarin Center"

Kamis, 14 September 2023, Kamis, September 14, 2023

 

FOTO. Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo (kanan) bersama Rektor SRNU, Prof. Dr. Chen Hongsheng saat memotong pita sebagai wujud peresmian Mandarin Center di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram. 













MATARAM, BL- Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, mengatakan, kolaborasi antara Unram dan Shangrao Normal University (SRNU), China, dalam rangka mendirikan Mandarin Center, merupakan perjalanan yang luar biasa. 


Sebab, penyediaan platform pertukaran bahasa dan budaya di Unram, akan dapat menghadirkan pendidikan kelas dunia di wilayah provinsi NTB. 


"Pendirian Mandarin Center ini merupakan indikasi nyata dedikasi kami terhadap internasionalisasi, dan kami yakin hal ini akan menjadi landasan dalam upaya kami untuk memberikan pendidikan kelas dunia kepada mahasiswa kami di Universitas Mataram,” ujar  Prof. Bambang dalam sambutannya saat peresmian Mandarin Center di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram, Rabu (13/9) kemarin.


Menurut Guru Besar Fakultas Pertanian Unram ini, adanya Mandarin Center ini dipercaya akan menjadi katalisator untuk memperdalam hubungan Unram dengan SRNU. 


Selanjutnya, akan memupuk pemahaman yang lebih baik di antara kedua institusi tersebut. Apalagi, kemitraan ini akan membawa Unram pada beragam perspektif, budaya, dan ide.


Hal ini, menjadikan civitas akademika Unram sebagai individu dan profesional yang lebih baik. 


“Mereka juga akan membuka jalan bagi penelitian kolaboratif, joint ventures, dan pertukaran internasional, memperkaya pengalaman pendidikan kita, dan mempersiapkan kita untuk berkembang dalam lingkungan yang kompetitif secara global,” ungkap Prof Bambang.


Dihadapan rombongan SNRU yang terdiri dari Rektor SRNU, Prof. Dr. Chen Hongsheng; Assoc. Prof. Chen Litao; Assoc. Prof. Ge Xin; Assoc. Prof. Zhang Zhiyun; dan Yu Chunying, Rektor mengaku, adanya kemitraan Unram dengan SRNU melalui Mandarin Center akan membuka potensi kolaborasi untuk program lainnya. 


Karena itu, Rektor meminta semangat membangun hubungan nasional dan internasional kali ini akan dapat terus terpelihara. 


"Kita tidak akan pernah tahu seberapa besar dampaknya bagi masyarakat di kemudian hari. Mari bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan saling terhubung,” tandas Prof Bambang. (R/L..).

TerPopuler