Fakultas Hukum Unram Sambut Baik 24 Mahasiswa Program PPM MBKM -->

Fakultas Hukum Unram Sambut Baik 24 Mahasiswa Program PPM MBKM

Senin, 28 Agustus 2023, Senin, Agustus 28, 2023

 

FOTO. Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Mataram (Unram)  Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, SH., MH (tengah) saat menerima puluhan mahasiswa dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Fakultas Hukum yang berasal dari PTN dan PTS di Indonesia. 












MATARAM, BL - Sebanyak 24 dari total 212 orang mahasiswa yang berasal dari 104 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Fakultas Hukum kembali diterima secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Mataram (Unram)  Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, SH., MH.


Setelah Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, menerima ratusan mahasiswa dalam upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 lalu di Lapangan Rektorat, Unram, beberapa waktu lalu. Kini prosesi penerimaan dilakukan di Ruang Sidang Utama LT 3 FH Unram, Selasa, 22 Agustus 2023.


Dalam sambutannya Dekan FH Unram mengatakan, bahwa mahasiswa inbound di Fakultas Hukum Unram sebanyak 24 orang dan berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.


“Rata-rata mereka berada pada semester 3 sampai 7, Mereka akan mengikuti kuliah (inbound) selama 1 semester," kata Wira dalam siaran tertulisnya, Senin (28/8). 


Menurut Doktor Wira, kegiatan inbound ini adalah kegiatan yang terkait dengan Indikator Kinerja Utama (IKU). 


Di mana, IKU 2 itu terdiri dari berbagai indikator, yakni magang, membangun desa, atau melakukan proyek kemanusiaan. 


"Dan, Inbound ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang ada di IKU 2," ucap Wira. 


Lebih lanjut ia mengaku, bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka khususnya terkait mahasiswa Inbound saat ini, mengalami peningkatan dari tahun 2021 yang hanya  sebanyak 2 orang.


Selanjutnya, di tahun 2022 angkanga meningkat menjadi sebanyak 16 orang. Serta, tahun 2023 sebanyak 24 orang 


"Ini artinya peminat yang memilih Fakultas Hukum Unram semakin meningkat," tegas Wira. 


Akademisi penyuka olahraga sepeda gunung ini, menambahkan bahwa kegiatan Inbound ini, akan dapat menambah wawasan dan pengalaman dari mahasiswa, baik secara akademik maupun sosial budaya.


Mengingat, lanjut Wira, mahsiswa di samping mereka kuliah. Mereka juga akan mengenal lingkungan melalui interaksi yang dilakukan dengan masyarakat.


“Kegiatan ini merupakan metode baru agar mahasiswa memiliki wawasan kebangsaan yang lebih luas," ujarnya. 


Sementara itu, FH Unram telah melepas sebanyak 59 (lima puluh sembilan) mahasiswa untuk mengikuti kegiatan MBKM di berbagai institusi pemerintah dan profesi hukum. 


Salah satu peserta Inbound, Wahyu Putra Prada mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Universitas Tanjung Pura mengatakan,  jika Unram memiliki lingkungan akademik yang mendukung dan staf pengajar yang berpengalaman. 


“Ini kampus yang ramah akan pejalan kaki karena ada trotoar dan rindangnya pohon-pohon yang ada di kawasan Unram. Saya merasa begitu sangat terkesan dengan suasana ramah dan penuh semangat universitas ini, banyak yang dengan senang hati memberikan informasi dan bantuan dan menciptakan lingkungan yang sangat menyambut. Dan saya merasa tempat ini akan menjadi tempat yang mendukung pengembangan diri saya dengan baik," papar Wahyu. (R/L..).

TerPopuler