Perkuat Kerjasama Riset Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati, BRIN Kunjungi Unram -->

Perkuat Kerjasama Riset Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati, BRIN Kunjungi Unram

Selasa, 13 Juni 2023, Selasa, Juni 13, 2023

 

FOTO. Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, saat menerima kunjungan BRIN, melalui Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan. 









MATARAM, BL  – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan, mengunjungi Universitas Mataram (Unram), Senin (12/6) kemarin. 


Bertempat di Ruang Sidang Rektor, Lantai II Gedung Rektorat Unram, Rektor Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, menerima langsung kunjungan tersebut  


Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama riset dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati, terutama di daerah Lombok.


Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, mengatakan bahwa potensi – potensi yang dimiliki Provinsi NTB, terutama yang berada di daerah Lombok, banyak yang harus dikembangkan. 


"Potensi itu, berada di bidang  perikanan, peternakan, dan pertanian. Selain itu terdapat lahan-lahan marjinal di sekitar Lombok juga perlu dimanfaatkan secara maksimal,” ujar Rektor. 


Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Pertanian itu menjelaskan, ada jenis kentang dataran rendah yang lebih legit. Namun daya hasilnya ada yang tinggi dan juga rendah. Sehingga dalam hal ini sangat diperlukan sentuhan teknologi untuk memperoleh hasil yang stabil.


Prof. Bambang berharap kerjasama yang dilakukan dengan BRIN melalui Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan dapat mengatasi kurangnya infrastruktur riset, yakni alat riset dan proses analisisnya. 


“Untuk menindaklanjuti kunjungan ini, kami akan kirim beberapa Dekan dan prodi terkait ke BRIN untuk membahas lebih lanjut area kerjasama yang dapat dilakukan dengan BRIN,” kata Rektor.


Sementara itu, Kepala Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan ORHL, Iman Hidayat, mengaku bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari BRIN.


Mengingat, sebelumnya Rektor Unram telah berkunjung ke KST Soekarno BRIN di Cibinong.


“Saya telah melihat sendiri potensi di daerah Lombok ini dan memang betul potensinya besar dan perlu kita kembangkan sama-sama. Terkait dengan kerjasama dengan Unram dapat mencakup beberapa ruang lingkup antara lain riset bersama di bidang hayati dan lingkungan, skema S2/S3 untuk mencetak champion lokal, akses pendanaan riset, dan penggunaan alat riset bersama yang ada di BRIN,” jelas Iman.


Menurut dia,  dalam konteks kerjasama ini, BRIN dapat menyediakan skema pendanaan untuk mendukung kerjasama riset ini dan juga alat-alat riset yang tidak ada di kampus. Sedangkan, kampus memiliki sumber daya manusia talenta-talenta muda yang menjadi pelaku riset bersama dengan BRIN.


Di mana, total OR Hayati dan Lingkungan BRIN memiliki delapan Pusat Riset yang dapat bekerjasama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. 


"Harapannya, dengan kerjasama yang terjalin nanti mampu mengoptimalkan keanekaragaman hayati di Lombok dan sekitarnya untuk meningkatkan nilai produk maupun ekonomi masyarakat sekitar dan melahirkan champion-champion lokal asal Lombok," ungkap  Iman. 


Dalam kunjungan tersebut turut hadir Tenaga Ahli Utama Organisasi Riset Hayati dan Lingkungan Asep Hidayat, Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan, Kepala Pusat Riset Zoologi Terapan serta Kepala Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi yang akan menindaklanjuti dalam bentuk agreement kerjasama. (R/L..).

TerPopuler