Pelayanan Jamaah Haji 2023 Membaik, Komisi V Puji Kinerja Kanwil Kemenag NTB -->

Pelayanan Jamaah Haji 2023 Membaik, Komisi V Puji Kinerja Kanwil Kemenag NTB

Rabu, 07 Juni 2023, Rabu, Juni 07, 2023

 


FOTO. H. Lalu Hadrian Irfani . 











MATARAM, BL - Ketua Komisi V DPRD NTB, H. Lalu Hadrian Irfani mengapresiasi pelayanan jemaah haji tahun 2023 yang dilakukan Kanwil Kemenag NTB.


"Kami apresiasi, segala tahapan dan persiapan sudah berjalan baik. Kuota pun alhamdulillah bisa bertambah. Kami berharap, pelaksanaan dan persiapan di tanah air, terus dilanjutkan dengan pelayanan yang baik selama di tanah suci sehingga jamaah bisa beribadah dengan nyaman dan khusyu," ujar Irfani pada wartawan, Rabu (7/6). 


Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berpesan, agar para jemaah menjaga kondisi kesehatan dan memperbanyak mengonsumsi air di tengah cuaca terik di Arab Saudi. 


Lalu Hadrian berharap agar para jemaah tidak memorsir tenaganya untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain di luar ibadah wajib. Hal itu terutama untuk menjaga daya tahan tubuh selama pelaksanaan ibadah haji.


"Selamat jalan para duyufurrohman.

Kami semua mendoakan agar jamaah tetap sehat dan kembali dengan predikat haji yang  mabrur. Dan kepada seluruh jajaran Kanwil Kemenag NTB kami sampaikan terima kasih atas persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini," ungkap Hadrian. 


Sementara itu, sebanyak 393 Calon Jemaah Haji (CJH) kloter pertama embarkasi Lombok telah mulai memasuki asrama haji pada Selasa (6/6) kemarin. 


Dari jumlah tersebut, 185 jemaah pria dan 208 jemaah wanita dan 90 orang di antaranya tergolong lansia. 


Kloter pertama jemaah haji embarkasi Lombok semuanya berasal dari Lombok Timur (Lotim). Jemaah haji tersebut turut didampingi 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah, 1 orang dokter kloter, 2 orang paramedis, dan dua orang Petugas Haji Daerah (PHD).


Jemaah haji tertua pada kloter pertama ini atas nama Muhammad Hafifuddin (93) dan Inaq Rumintang (91). Sementara lima orang di antaranya menggunakan kursi roda.


Para jemaah haji telah mulai masuk asrama haji sejak pukul 08.00 WITA.

 

"Alhamdulillah Selesa (6/6) kemarin, kloter pertama embarkasi Lombok jamaah dari Lombok Timur sudah masuk asrama. Nanti jam 02.00 Wita dinihari dilepas dan berangkat ke Bizam," ungkap Kakanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz. 


"Tadi ada penerimaan, ada cek kesehatan, pembagian passport, nanti malam ada pembinaan manasik, dini hari ada pelepasan. Menag tidak diperkenankan membuat terlalu banyak acara ceremonial, supaya jemaah bisa istirahat," sambung dia. 


Zamroni meminta kepada masyarakat NTB untuk mendoakan seluruh jemaah haji yang berangkat tahun ini. 


"Kami berharap kepada seluruh masyarakat NTB untuk mendoakan seluruh jemaah haji asal NTB agar diberikan kesehatan, keafiatan, saat melaksanakan ibadah haji sampai sepulangnya nanti dari tanah suci, mendapatkan haji yang mabrur," tukas Zamroni. 


Penerbangan jemaah haji kloter pertama embarkasi Lombok ke Arab Saudi menurut jadwal diberangkatkan pada Rabu (7/6) pukul 06.55 Wita melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam). (R/L..). 


TerPopuler