Lanjut Kuliah Terkendala Biaya, Ayo Coba Ikuti Program Beasiswa BIB dan Double Degree di UIN Mataram!!! -->

Lanjut Kuliah Terkendala Biaya, Ayo Coba Ikuti Program Beasiswa BIB dan Double Degree di UIN Mataram!!!

Minggu, 04 Juni 2023, Minggu, Juni 04, 2023

 


FOTO. Rektor UIN Mataram, Prof Masnun Tahir (kanan) dan Direktur Pascasarjana UIN Mataram, Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, M.A. 













MATARAM, BL - Pemerintah melalui Kantor Kementrian Agama terus berupaya agar pendidikan bisa diakses semua kalangan.


Berbagai program bantuan sudah diluncurkan agar setiap siswa, khususnya yang berasal dari kalangan kurang mampu bisa mengenyam pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.


Kali ini, program itu bernama Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dan Beasiswa Program Double Degree, yang dihajatkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi namun terkendala biaya. 


Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menjadi salah satu kampus yang menjalankan program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) dan Beasiswa Program Double Degree. 


Di mana, program tersebut, atas kerja sama dengan Kemenag dan LPDP Kemenkeu.  


Rektor UIN Mataram, Prof Masnun Tahir mengatakan, bahwa program beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) merupakan skema beasiswa penuh (full scholarship) hasil kolaborasi Kemenag dan dan LPDP Kemenkeu bagi pendaftar terpilih.


Sedangkan, pembiayaan program gelar (degree program) dan program gelar ganda (double degree program) bagi para penerima potensial.


"Penetapan UIN Mataram sebagai pengelola BIB dan double degree pada tahun 2023 berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI," ujar Prof Masnun pada wartawan, Sabtu (3/6) kemarin. 


Menurut Ketua PWNU NTB itu, dari hasil rapat koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Indonesia Bangkit Kementerian Agama yang diselenggarakan oleh Subdit Ketenagaan atas kerjasama dengan Projec Managemen Unit (PMU) BIB.


Nantinya, program BIB di UIN Mataram diperuntukkan bagi jenjang S1 (Sarjana), S2 (Magister), dan S3 (Doktor).


Sedangkan Program Double Degree untuk jenjang S2 (Magister) saja. "Dan, kami (UIN Mataram), saat ini tengah menyiapkan pengelolaan beasiswa tersebut," kata Prof Masnun.


Ia menjelaskan, sebagai salah satu perguruan tinggi sasaran program Beasiswa Indonesia Bangkit atau BIB dan Program Double Degree. Tentunya, beasiswa (BIB) ini, akan diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang pendidikan sarjana, magister dan doktor. 


“Untuk jenjang Strata Satu, Strata Dua dan Strata Tiga, khusus Program Double Degree untuk Strata Dua atau Magister” ucap Prof Masnun. 


Ia mengaku, bahwa program Studi (Prodi) UIN Mataram yang bisa menjadi pilihan pada pendaftaran beasiswa BIB dan Program Double Degree Tahun 2023 sebanyak 4 (empat) Prodi. Yakni,  S1 Pendidikan Agama Islam (S1 PAI), S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (S1 PGMI), S2 Hukum Keluarga Islam (S2 HKI) dan S3 Pendidikan Agama Islam (S3 PAI). 


Selanjutnya, program beasiswa Double Degree di UIN Mataram untuk dikelola Pascasarjana UIN Mataram. Yakni, Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (S2 PAI), Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI), Magister Ekonomi Syariah (S2 ES), dan Prodi S2 Komunikasi Penyiaran Islam (S2 KPI). 


"Teknisnya, program magister double degree ini bekerjasama dengan salah satu universitas terkemuka di Malaysia, Universiti Utara Malaysia (UUM)," tegas Prof Masnun. 


Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Mataram, Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, M.A, mengatakan, terpilihnya UUM menjadi mitra kerjasama untuk program magister double degree karena beberapa alasan.


Fahrurrozi mengaku, bahwa alasan itu, yakni pengelolaan yang baik, memiliki banyak prestasi, memiliki peringkat tinggi, reputasi internasional bagus dan sarana prasarana yang sangat lengkap, itu yang dimiliki UUM. 


“Untuk mendapatkan pendidikan tinggi bermutu di dalam dan luar negeri dalam waktu bersamaan silahkan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa magister double degree, dan pendaftarannya di Pascasarjana UIN Mataram sudah dibuka tahun 2023 ini," tandas dia. (R/L..).

TerPopuler