Kloter Pertama NTB Diterbangkan ke Arab Saudi -->

Kloter Pertama NTB Diterbangkan ke Arab Saudi

Rabu, 07 Juni 2023, Rabu, Juni 07, 2023

 


FOTO. Petugas bandara Lombok Tengah memeriksa tas para jamaah haji kloter pertama yang hendak naik ke pesawat untuk diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi. 











MATARAM, BL  - PT Angkasa Pura I Bandara Lombok memulai operasional penerbangan haji tahun 1444 Hijriah/2023 pada pagi hari ini, Rabu (7/6). 


Itu menyusul, sebanyak 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Lombok, diterbangkan dari Bandara Lombok langsung menuju Madinah, Arab Saudi tepat pada pukul 07.00 WITA.


“Alhamdulillah penerbangan haji kloter pertama embarkasi Lombok pada hari ini berjalan dengan lancar. Jemaah haji asal Kabupaten Lombok Timur ini diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia bernomor registrasi PK-GIK jenis Boeing 777-300ER nomor penerbangan GA5101,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan pada wartawan. 


Total jemaah haji embarkasi Lombok tahun ini berjumlah 4.910 orang dan terbagi dalam 13 kloter. Penerbangan haji dari NTB ini berlangsung mulai 7 Juni hingga 22 Juni 2023 mendatang. 


Sementara untuk kepulangan dijadwalkan pada 19 Juli hingga 2 Agustus 2023. Seluruh penerbangan haji embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat jenis Boeing 777-300ER. 


“Masyarakat umum dapat menyaksikan proses keberangkatan haji embarkasi Lombok ini melalui saluran YouTube @LombokAirport,” kata Adil. 


PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Lombok bersama seluruh stakeholder terkait telah menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk mendukung kelancaran operasional angkutan ibadah haji tahun 2023.


"Kami memastikan kesiapan personel dan fasilitas serta peralatan pendukung operasional penerbangan haji tahun ini bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Perum LPPNPI Cabang Lombok, Kementerian Agama NTB, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, TNI/Polri, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan penerbangan haji dari Bandara Lombok berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” jelas Adil.


Selain itu, manajemen Bandara Lombok juga menempatkan personel Airport Security (Avsec) beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Kota Mataram. Dengan dilakukannya proses screening di Asrama Haji Mataram, maka saat tiba di bandara calon jemaah haji dapat langsung boarding ke dalam pesawat. 


“Kami berharap seluruh kegiatan operasional penerbangan haji tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga para jemaah pulang kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur,” tandas Adil. (R/L..).



TerPopuler