Peduli Pedagang Kecil, Ketua PDIP Mataram Bantu Gratis Ratusan Pedagang Canang jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan -->

Peduli Pedagang Kecil, Ketua PDIP Mataram Bantu Gratis Ratusan Pedagang Canang jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jumat, 24 Februari 2023, Jumat, Februari 24, 2023

 

FOTO. Ratusan pedagang canang di Kota Mataram saat menghadiri reses Anggota DPRD NTB dapil Kota Mataram, Made Slamet.






MATARAM, BL- Sebanyak 150 orang pedagang canang di Kota Mataram yang tergabung dalam Persatuan Dagang Canang Lascarya Yadnya Mataram, didaftarkan masuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 


Bahkan, mereka tidak sepeserpun mengeluarkan biaya dalam pengurusan biaya BPJS Ketenagakerjaan tersebut.  Sebab, semua biaya ditanggung oleh Anggota DPRD NTB yang juga Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Made Slamet. 


Made yang juga masuk sebagai Pembina pedagang canang Kota Mataram, mengatakan bahwa, niatan dirinya membantu biaya asuransi  ratusan pedagang canang di Mataram, dipicu kepeduliannya atas kondisi pelaku ekonomi mikro di ibukota provinsi NTB yang kini dalam kondisi sulit akibat terdampak pandemi Covid-19.


FOTO. Ir. Made Slamet MM saat menyapa ratusan pedagang Canang. 


Menurut Made, pedagang canang yang areal berjualannya sepanjang jalan protokoler di Kota Mataram yang berdekatan dengan sejumlah pasar tradisional, rentan terancam nyawanya saat berjualan.


"Maka, dengan masuknya mereka (pedagang canang) kedalam kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan, tentu ada jaminan sosial kematian dan kecelakaan kerjanya," ujar Made pada BERITA LOMBOK NET, Jumat (24/2).


Ia mendaku, ide untuk mendaftarkan pedagang canang masuk kedalam peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah saat dirinya melakukan reses bersama asosiasi pedagang canang di wilayah Kota Mataram. 


Di mana, mayoritas pedagang mengeluhkan ketiadaan kepedulian pemerintah daerah terkait keberlangsungan usaha mereka selama ini. Padahal, pedagang canang juga membayar biaya keamanan untuk keberlangsungan usaha mereka manakala lokasi usahanya berdekatan dengan areal pasar tradisional di Kota Mataram. Salah satunya di Pasar Karang Jasi. 


"Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi pedagang canang di Mataram adalah bukti kongkrit kader PDI Perjuangan yang duduk di kursi DPRD di semua tingkatan untuk Tertawa dan Menangis Bersama Rakyat, sesuai perintah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj. Megawati Soekarnoputri," tegas Made Slamet. 


FOTO. Salah satu pedagang canang di Pasar Karang Jasi, menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dibiayai pendaftarannya oleh Anggota DPRD NTB, Made Slamet 


Ia berharap dengan masuknya pedagang canang sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentunya kesinambungan usaha para UMKM di Mataram dapat terus terjaga.


Akibatnya, roda perekonomian di Mataram yang kebanyakan didominasi usaha kecil dan menengah dapat tergerak positif dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Mataram. 


"Yang pasti jika pelaku ekonomi mikro merasa nyaman dan tenang dalam berusaha, otomatis keluarga yang dihidupi juga bisa tenang di rumahnya," tandas Made Slamet. (R/L..) 

TerPopuler