Jalin Kerjasama Sukseskan Pemilu 2024 Bersama KPU NTB, Sekjen Kemenag RI Puji Inovasi Kakanwil Kemenag NTB -->

Jalin Kerjasama Sukseskan Pemilu 2024 Bersama KPU NTB, Sekjen Kemenag RI Puji Inovasi Kakanwil Kemenag NTB

Rabu, 22 Februari 2023, Rabu, Februari 22, 2023

 

FOTO. Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenag RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali (kiri) saat menghadiri penandatangan MoU antara Kakanwil Kemenag NTB dengan KPU Provinsi NTB. 





MATARAM, BL -  KPU Provinsi NTB bersama Kanwil Kemenag NTB resmi meneken MoU untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024.


Kerjasama tersebut dinilai penting dan strategis oleh KPU, karena ratusan ribu santri dibawah naungan lembaga pendidikan  Kemenag, masuk jadi daftar pemilih pemilu. 


"KPU tentu tidak bisa bekerja sendiri, tapi tentu perlu dukungan dari stakeholder untuk mensukseskan pemilu 2024, terutama dengan Kemenag. Karena bagaimana Kemenag ini punya lembaga pendidikan yang santrinya banyak jadi pemilih pemula disitu," kata Ketua KPU NTB, Suhardi Soud yang dikonfirmasi usai penekanan MoU dengan Kanwil Kemenag NTB, Rabu (22/2). 


Menurut dia, ada dua poin penting yang jadi kerjasama KPU dengan Kanwil Kemenag NTB.  Pertama, menyangkut pendataan pemilih pemula dan kedua terkait dengan pendidikan pemilih pemula. 


Selanjutnya, fasilitasi tempat pemungutan suara khusus. 


"Dengan kerjasama ini kami punya akses melakukan sosialisasi dan pendidikan untuk pemilih pemula dilingkungan Kemenag. Kerjasama ini juga menjadi penting dan strategis untuk kolaborasi dalam pemuktahiran data pemilih," ujar Suhardi. 


Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz menyampaikan bahwa kerjasama dengan KPU tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenag ikut berkontribusi dalam menyukseskan perhelatan pemilu 2024 mendatang. 


"Saya kira ini bagian penting bagi Kemenag untuk berkontribusi mensukseskan demokrasi, Pemilu 2024. Dengan jajaran Kemenag sampai penyuluh agama ditingkat Desa/Kelurahan bersama-sama mendorong masyarakat pentingnya pemilu 2024," ucapnya. 


Menurut Zamroni, Kemenag NTB telah mengintruksikan jajarannya di Kemenag Kabupaten/Kota supaya jalan bersama dengan KPU setempat. 


Demikian juga KUA di tingkat Kecamatan juga diinstruksikan berkoordinasi dengan PPK, bagaimana bersama mensukseskan pemilu 2024. 


"ASN Kemenag NTB sekitar 8 ribuan, penyuluh agama sekitar 150 orang, guru sekitar 50 ribuan, dan ada madrasah dan pondok pesantren ribuan, dimana didalamnya terdapat sekitar seratusan ribu pemilih pemula yang harus diberikan pembekalan politik untuk mereka berpartisipasi," jelas dia. 



*Puji Inovasi Kemenag NTB


FOTO. Kakanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz (kiri) saat menunjukkan naskah MoU yang ditandatangani bersama Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud.


Pada penandatanganan kerjasama itu, turut hadir langsung menyaksikan juga Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemenag RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali. 

Sekjen Kemenag memuji inovasi Kanwil Kemenag NTB yang telah menginisiasi menjalin kerjasama dengan KPU dalam rangka menyukseskan pemilu 2024. 


"Jadi, baru NTB yang pertama kali melakukan ini, harapan kita bisa diikuti oleh kanwil yang lain. Karena ini saya rasa menjadi sangat penting untuk kontribusi Kemenag dalam ikut mengawal mensukseskan dan memperlancar proses demokrasi pemilu 2024 di negara kita," tandas dia. (R/L..).

TerPopuler