Berkat Program TJSL, UKM Binaan PLN NTB Mampu Tembus Pasar Dunia -->

Berkat Program TJSL, UKM Binaan PLN NTB Mampu Tembus Pasar Dunia

Selasa, 28 Februari 2023, Selasa, Februari 28, 2023

 

FOTO. Inilah Gallery Mutiara Nabil Shop Lombok di Lombok Barat yang dimiliki Ibu Rusnah yang merupakan binaan PLN yang kini usahanya berkembang.







MATARAM, BL– Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen untuk mendorong sekaligus meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM).


Hal tersebut dilakukan melalui program pembinaan, pelatihan, bantuan modal, dan peningkatan pemasaran hingga mampu menuju pasar nasional maupun global. 


Salah satu program pembinaan pelatihan kepada UKM yang cukup sukses berjalan adalah melalui Rumah BUMN Lombok Barat (RB Lobar). Hal ini dirasakan juga oleh Ibu Rusnah, salah satu mitra binaan RB Lobar, pemilik Gallery Mutiara Nabil Shop Lombok di Lombok Barat.


Rusnah mengatakan, bahwa usahanya yang bergerak di bidang kerajinan mutiara, yaitu emas, perak dan rhodium dan berkolaborasi dengan tukang emas dan perak yang ada di pulau Lombok dengan menggunakan mutiara air laut ini dengan cepat bisa dikenal oleh penikmat ragam mutiara di tanah air dengan menjadi mitra binaan RB Lobar. 


“Pembinaan dari PLN ini sangat unik yang membuat kami antusias. Terima kasih kami haturkan kepada PLN. Pembinaan yang diberikan cukup lengkap, dari pelatihan digital marketing, manajemen keuangan, packaging, pemasaran melalui online maupun offline. Untuk digital marketing, kami menggunakan platform media sosial Facebook, Instagram, Tiktok dan juga marketplace Shopee, Padi UMKM, dan Snack Video,” jelas Rusnah pada wartawan, Selasa (28/2). 


Menurut Rusnah, saat ini, ia sudah memiliki tim penjualan yang tergabung dalam 2 tim reseller, yaitu reseller umum dan reseller khusus yang berjumlah 80 orang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 


“Untuk pangsa pasar kami pasar lokal NTB, pasar nasional mulai dari Sabang sampai Merauke. Sementara untuk ke luar negeri saat ini, seperti Malaysia dan Arab Saudi dengan omset mencapai Rp 50-Rp 100 juta dalam sebulan. Kami membuka kesempatan kepada siapa saja yang tertarik untuk menjadi reseller kami,” ungkap dia. 


Rusnah pun berharap kelak gallery yang ditekuninya ini bisa lebih besar dan mampu bertransformasi menjadi pusat oleh-oleh di pulau Lombok, bisa membangun kolaborasi dengan UMKM lainnya dan bisa menciptakan tenaga kerja yang lebih banyak lagi.


Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN NTB, Harfry Jack, mengatakan, bahwa salah satu tujuan PLN adalah agar listrik juga dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Melalui program TJSL, PLN ingin UKM binaan semakin memperluas jangkauan pasar dan memiliki daya saing hingga ke level global. Salah satunya dengan berperan aktif memberikan pelatihan dengan membentuk sebuah Rumah BUMN sebagai wadah pembinaan kepada UMKM.


Jack juga menambahkan, melalui program yang dijalankan, PLN ikut mendukung UKM melalui pelatihan untuk meningkatkan skill dan kompetensi UKM seperti pelatihan Digital Marketing, packaging, manajemen keuangan, proses pemasaran (marketing), analisa pasar dan yang lainnya.


“UD Nabil Shop Lombok mampu menyerap sejumlah pelatihan yang kami berikan. Harapan kami, ke depannya Nabil Shop Lombok bisa lebih profesional, tumbuh lebih besar, dan bisa menjadi contoh yang baik kepada UMKM lainnya yang ada di Lombok,” tandas Jack. (R/L..).

TerPopuler