Suburkan Tanah dan Buat Ternak Sehat Ala KKN Tematik Pertanian Maju dan Berkelanjutan Desa Pringgasela Timur -->

Suburkan Tanah dan Buat Ternak Sehat Ala KKN Tematik Pertanian Maju dan Berkelanjutan Desa Pringgasela Timur

Kamis, 19 Januari 2023, Kamis, Januari 19, 2023

 



FOTO. Inilah kegiatan KKN Tematik Pertanian Maju dan Berkelanjutan Desa Pringgasela Timur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), dalam rangka  sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik untuk suplemen pakan urea molases blok (UMB)





MATARAM, BL - Kelompok KKN Tematik Pertanian Maju dan Berkelanjutan Desa Pringgasela Timur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik untuk suplemen pakan urea molases blok (UMB).


Menggandeng UPTD Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kecamatan Pringgasela dan Masbagik di Kabupaten Lotim, kegiatan itu dilakukan di kandang kelompok Kebon Telaga Dusun Timuk Belimbing, Kamis (12/1).


Di mana, kelompok ternak di setiap dusun di wilayah KKN Tematik Pringgasela hadir bersama   Kepala Desa dan aparat desa setempat. 


Ketua KKN Tematik, I Gede Dhio Chandhya Narayasa, mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi yang dilanjutkan dengan pelatihan tersebut dilakukan, agar masyarakat yang banyak menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan pelatihan mengenai pemanfaatan limbah pertanian.


Termasuk, juga limbah rumah tangga. "Dengan begitu, pemanfaatan limbah bisa lebih efesien lagi. Harapannya, produktifitas ternak dengan suplemen pakan ternak dapat meningkat," kata dia, Kamis (19/1). 


Menurut dia, suplemen pakan terbuat dari molases, mineral, urea, kapur, dedak padi dan garam. Teknisnya, suplemen itu, di campur dan dicetak pada pipa paralon kecil yang menyerupai gula aren.


Harapannya, selain meningkatkan produktivitas ternak, proses pencernaan pada ternak tidak terganggu. Sehingga, nafsu makan ternak bakal meningkat. 


"Kalau sudah semua itu bisa kita lakukan, maka pertumbuhan ternak terkait berat badannya juga bakal bertambah. Ini karena gizi dari suplemen yang bercampur dengan zat makanan akan bisa diserap oleh hewan ternak milik warga di wilayah setempat," ungkap Gede. 


Terkait manfaat dari campuran molases dan EM4 itu. Gede menjelaskan, penggunaan pupuk organik akan dapat memperbaiki struktur tanah, menambah unsur hara, menahan air. Serta,  dapat menyimpan air lebih lama karena menggunakan bahan organik. Sehingga, tanaman menjadi lebih sehat. Serta, memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi dari tanah," jelas dia. 


"Tapi yang utama, adalah PH tanah akan dapat netral akibat campuran molases dan EM4 itu," sambung Gede. (R/L..).

TerPopuler