Mudahkan Akses Permodalan UMKM Kuripan Timur, Mahasiswa KKN Tematik Unram Gandeng BRI Helat Sosialisasi KUR -->

Mudahkan Akses Permodalan UMKM Kuripan Timur, Mahasiswa KKN Tematik Unram Gandeng BRI Helat Sosialisasi KUR

Selasa, 17 Januari 2023, Selasa, Januari 17, 2023

 

FOTO. Kegiatan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Aula Kantor Desa Kuripan Timur, yang digelar mahasiswa KKN Tematik Unram. 




MATARAM, BL - Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) di Desa Kuripan Timur, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), mengenalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu permodalan UMKM yang ada di wilayah setempat. 


Menggandeng sebanyak dua orang petugas BRI Unit Kediri, para mahasiswa melakukan kegiatan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Aula Kantor Desa Kuripan Timur,  10 Januari tahun 2023.


Menariknya, kegiatan itu, dihadiri langsung oleh  Kepala Desa Kuripan Timur, BPD dan perangkatnya hingga pelaku usaha dan masyarakat di wilayah setempat. 


Ketua Kelompok KKN Tematik, Muhamad Indra Jaywan, mengatakan, langkah sosialisasi  yang dilakukan pihaknya, tidak lain untuk membantu para usaha mikro kecil dan menengah di wilayah Desa Kuripan Timur. 


Terlebih, di wilayah setempat, umumnya masyarakatnya banyak yang menggantungkan usahanya pada sektor usaha kecil maupun menengah.


Hanya saja, mereka terkendala pada minimnya akses permodalan pada sisi perbankan. 


"Dengan adanya sosialisasi ini, maka kita harapkan, masyarakat bisa tahu dan cara untuk mengakses pinjaman modal ke perbankan. Salah satunya, adalah Bank BRI," kata Jaywan. 


Ia bersyukur pada sosialisasi yang di isi oleh pihak Bank BRI Unit Kediri, pihak perbankan bersedia memberikan bantuan kredit usaha rakyat pada sektor UMKM di Desa Kuripan Timur. 


Sementara itu, Kepala Desa Kuripan Timur, Anwar Efendi, menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi yang di inisiasi KKN Tematik Unram kali ini. Apalagi, masyarakat di wilayahnya kini dapat mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan mudah dan cepat. 


"Adanya KUR dari BRI ini, akan bisa membantu usaha dan pertanian di Desa Kuripan Timur.Semoga, fasilitas ini akan dapat membantu petani, para peternak dan UMKM untuk dapat mengembangkan usaha yang lebih baik kedepannya," ungkap dia. 


Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sendiri, adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. 


Nantinya, tujuan program KUR, akan dapat memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. (R/L..).


TerPopuler