Manfaatkan Potensi Laut Sambelia, Mahasiswa KKN Tematik Unram Gagas Bakso Ikan SODAP -->

Manfaatkan Potensi Laut Sambelia, Mahasiswa KKN Tematik Unram Gagas Bakso Ikan SODAP

Senin, 16 Januari 2023, Senin, Januari 16, 2023

 

FOTO. Mahasiswa KKN Tematik Unram  periode 2022/20223, Desa Dadap, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lotim saat menunjukkan produk olahan bakso  ikan. 





MATARAM, BL - Mahasiswa KKN Tematik Unram  periode 2022/20223, Desa Dadap, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), memiliki cara unik untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat yang ada di wilayah setempat. 


Dikenal memiliki lautan pantai Timba Gali yang kaya akan potensi perikanan. Namun sayangnya, ikan segar, hasil tangkapan nelayan setempat,  justru dipasarkan, tanpa di olah terlebih dahulu. 


Padahal, jika dilakukan pengolahan, maka potensi sumber daya perikanan yang dimiliki Desa Dadap akan dapat memberikan kesejahteraan pada warga setempat. 


Adalah, Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Dadap yang mencoba mengolah ikan hasil tangkapan nelayan menjadi produk yang memiliki nilai tambah, yakni  bakso ikan asli Dadap (SODAP). 


Penanggung Jawab Kegiatan KKN Tematik Unram Desa Dadap, Fatma Faradila, mengatakan, dipilihnya braind SODAP,  adalah untuk lebih mengenalkan produk makanan yang dihasilkan dari pengolahan produk ikan yang berasal dari daerah setempat. 


Menurut dia, pengolahan ikan menjadi bakso ikan itu, dikerjasamakan dengan ibu-ibu warga setempat yang tergabung dalam PKK. 


"Nantinya, produk karya KKN Tematik mahasiswa akan dipasarkan sebagai penunjang kuliner wisata yang ada di Pantai Timba Galih," kata Fatma dalam siaran tertulisnya, Senin (16/1). 


Fatma mendaku, bahwa hasil pengolahan bakso ikan kolaborasi mahasiswa KKN Tematik Unram bersama PKK,  juga telah di pasarkan oleh perempuan warga Desa Dadap.


"Alhamdulillah, ibu-ibu yang selama ini menjual tangkapan ikan langsung ke pasar. Kini, sudah mulai tergerak untuk dapat memperoleh nilai tambah dengan menjual produk olahan ikan, berupa bakso ikan itu," ujarnya. 


Sementara itu, Ketua KKN Tematik Unram Desa Dadap, Adam Romara, menambahkan, bahwa selain melakukan pengolahan ikan dari hasil melaut nelayan setempat. 


Para mahasiswa juga menggandeng para petani  cabai warga setempat untuk menambahkan produk bakso ikan khusus selera pedas. 


"Alhamdulillah, kegiatan pembuatan SODAP ini, kami mulai pada 7 januari 2023. Dan sudah mulai berproduksi hingga kini yang sesuai kesepakatan dengan ibu

PKK, pemasaran produk bakso ikan akan menyasar semua daerah di Kecamatan Sambelia," tandas Adam. (R/L..).


TerPopuler