Produk Lokal Dominasi Bantuan Pemprov NTB untuk Korban Gempa Cianjur -->

Produk Lokal Dominasi Bantuan Pemprov NTB untuk Korban Gempa Cianjur

Minggu, 04 Desember 2022, Minggu, Desember 04, 2022

 

FOTO. Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Sosial NTB, Ahsanul Khalik, jajaran Forkopimda, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov, saat melepas truk bantuan bagi korban gempa di Cianjur, Jabar. 




MATARAM, BL  - Pemprov NTB  mengirimkan sebanyak dua truk bantuan berupa makanan siap saji untuk para korban gempa Cianjur, di Provinsi Jawa Barat (Jabar).


Pengiriman bantuan untuk para korban gempa Cianjur dilepas oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Sosial NTB, Ahsanul Khalik, jajaran Forkopimda, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov di halaman Kantor Gubernur setempat, Sabtu (3/12) kemarin. 


Gubernur mengatakan, pengiriman dua truk bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian warga NTB kepada korban gempa Cianjur. Hal ini mengingat saat gempa Lombok beberapa tahun yang lalu, Pemprov Jawa Barat mengirimkan bantuan kepada warga Lombok.


“Kalau bantuan, dulu kan saat kita disapa gempa bumi, Pak Gubernurnya yang langsung ke sini. Sebagai empati kita kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana gempa di Cianjur, sehingga kita mengirimkan bantuan," ujar Gubernur dalam sambutannya. 


Bang Zul, panggilan karib Gubernur NTB itu, berharap bantuan berupa makanan siap saji ini dapat meringankan beban korban gempa Cianjur. apalagi, kuliner asal NTB memiliki cita rasa yang khas yang mampu meningkatkan selera makan.


“Saya kira makanan-makanan yang lain sudah banyak dan dari NTB ini bisa dirasakan oleh para korban gempa bumi dan bisa sedikit tersenyum, satu minggu, dua minggu dirasakan hambar juga, dan kuliner dari NTB memiliki rasa khas tersendiri,” kata Gubernur. 



*Kumpulan Pegawai dan Sumbangan Instansi Pemprov 


Sementara itu, kepala Dinas Sosial NTB, H.  Ahsanul Khalik, mengatakan, bantuan makanan siap saji merupakan hasil pengumpulan dari para pegawai Pemprov NTB dan sumbangan dari berbagai instansi serta perkumpulan guru di NTB dengan total senilai Rp 811 juta.


“Dana yang terkumpul dalam jumlah uang sebesar Rp 811.290.000. Yang kita kirimkan dalam bentuk makanan siap saji berupa makanan khas NTB, seperti ayam rarang, ayam taliwang, sate rembiga dan makan khas lainnya,” ungkapnya


Selain ayam taliwang, sate rembiga, dan ayam rarang, bantuan makanan yang merupakan produk hasil UMKM itu terdiri dari abon ikan dan daging, telur asin, madu Sumbawa, kopi Lombok dan Sumbawa, serta makanan kering yang mampu bertahan hingga tiga bulan.


“Produk makanan ini kita ambil dari para UMKM dan memiliki nilai positif bagi pengembangan usaha di masyarakat,” jelasnya


Pemprov NTB memilih mengirimkan bantuan berupa makanan khas selain membantu korban gempa di Cianjur sekaligus juga mempromosikan berbagai produk lokal asli NTB.


“Untuk mengenalkan produk unggulan khas daerah kita di daerah lain, karena saya yakin nanti warga masyarakat lain di Cianjur melihat ini produk dari NTB hingga suatu saat ada yang datang kesini mereka akan cari,” tandas Ahsanul Khalik. 


Rencananya Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dan pejabat terkait akan mengunjungi korban gempa Cianjur untuk mengetahui langsung kondisi para korban.  (R/L..).

TerPopuler