Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penghujan, Inilah Enam Hal Yang Perlu Dilakukan...?? -->

Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penghujan, Inilah Enam Hal Yang Perlu Dilakukan...??

Selasa, 08 November 2022, Selasa, November 08, 2022

 

FOTO. Salah seorang warga terlihat tengah bercanda gurau dengan sesamanya dalam rangka meregangkan otak syarafnya 


MATARAM, BL - Saat ini, hampir semua wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi NTB memasuki musim hujan. Khusus, di Pulau Lombok, hujan dengan intensitas tinggi, sering turun sejak awal November ini.


Untuk itu, ketimbang Anda mengutuk mengapa hujan turun, lebih baik mempersiapkan diri mengantisipasi hujan datang. Ini bisa dilakukan dengan selalu melihat cuaca dan menerapkan kebiasaan sepele namun penting.


Mulai dari mengurangi kebiasaan kurang baik selama musim hujan dan menjaga kebersihan serta kesehatan di rumah. Jangan sampai di musim hujan ini Anda jatuh sakit dan mengganggu pekerjaan.


FOTO. Fenomena hujan es yang sempat terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Provinsi Bali dan NTB, beberapa waktu lalu. 


Dikutip Berita Lombok.net dari laman Kementerian Kesehatan dan sumber lainnya, berikut adalah enam cara menjaga kondisi tubuh saat musim penghujan. Memang hal ini sepele, namun jika diikuti akan membantu Anda bugar dalam kondisi saat ini. 



1. Olahraga


FOTO. Berenang menjadi salah satu olahraga yang murah meriah yang biasa dilakukan untuk menjaga kondisi tetap bugar 



Olahraga merupakan kegiatan untuk menyehatkan tubuh. Selain itu, rajin berolahraga dapat mencegah terserangnya penyakit saat perubahan cuaca.


Olahraga bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Pergerakan sekecil apa pun bisa dijadikan olahraga, seperti stetching ringan, jalan cepat, loncat-loncat. Selain itu, jika Anda sibuk kerja, bisa melakukan olahraga dengan cara berjalan naik-turun tangga di kantor.


FOTO. Keceriaan anak-anak Taman Kanak-kanan dalam meluapkan ekspresi mereka. 


2. Minum Air Hangat


Meminum air hangat bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan, terlebih jika air hangat tersebut dicampur jahe tanpa gula atau papermint, dan beberapa tes jeruk nipis. Minuman ini akan membantu menghangatkan badan di saat musim hujan.


3. Perbanyak Makan Buah


Buah merupakan makanan yang kaya akan vitamin, yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, hujan dapat membuat kita menjadi lebih cepat lapar, dan makan buah-buahan juga membantu perut kita tetap terisi. Selain sehat juga mengenyangkan.


4. Jaga Kualitas Tidur


Tidur merupakan hal yang penting bagi manusia, kurang waktu tidur dapat membuat seseorang rentan terserang penyakit, apalagi di musim hujan.


Menjaga kualitas tidur yang baik sangat bagus untuk kesehatan.


Dilansir dari jurnal yang dikeluarkan oleh National Sleep Foundation, Washington DC, USA, rekomendasi waktu tidur yang cukup dalam perhari yaitu anak sekolah usia 3-5 tahun waktu tidur selama 10-13 jam, anak sekolah usia 6-13 tahun waktu tidur selama 9-11 jam, remaja usia 14-17 tahun waktu tidur selama 8-10 jam, usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam, dan untuk usia lansia lebih dari 65 tahun direkomendasikan tidur selama 7-8 jam perhari.


5. Mengelola Stres


FOTO. Salah sekarang warga terlihat santai dan rileks 


Stres bisa saja terjadi kepada setiap orang, penyebabnya bisa macam-macam. Apalagi di musim hujan ini, seseorang bisa saja mudah terkena stres contohnya saja ketika telat pergi bekerja dan hujan turun, membuatnya terjebak hujan, belum jika menggunakan kendaraan umum dan tidak membawa payung, akan menjadikan badan basah terkena hujan.


Stres bisa berdampak terhadap fisiologis seseorang, seperti gelisah, detak jantung yang meningkat dan mudah letih.


6.  Melakukan vaksinasi


Musim hujan datang dengan sejumlah penyakit penyerta. Dalam kondisi ini, virus sangat mudah menyebar dan menular melalui tangan, tubuh, hingga masuk ke dalam sistem pernapasan. Pemberian vaksin merupakan langkah preventif untuk melindungi Anda dan keluarga virus, baik influenza, Covid-19, dan lainnya.


FOTO. Anak-anak terlihat bermain kartu usai mereka belajar. Hal ini mereka lakukan dalam rangka peregangan usai belajar seharian. 



Demikian beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan beberapa kebiasaan di atas agar tubuh terhindar dari penyakit musim hujan. (R/L..).


TerPopuler