Tempuh Keberatan dan Banding Administratif, Kuasa Hukum Mantan Anggota DPRD Lotim Sebut Kliennya Hanya Berstatus Pengusul di Kasus Alsintan Lotim -->

Tempuh Keberatan dan Banding Administratif, Kuasa Hukum Mantan Anggota DPRD Lotim Sebut Kliennya Hanya Berstatus Pengusul di Kasus Alsintan Lotim

Rabu, 05 Oktober 2022, Rabu, Oktober 05, 2022

 

FOTO. Suhardi SH.



MATARAM, BL - Langkah Kejaksaan Negeri (Kajari) Lombok Timur (Lotim) yang sudah menetapkan tiga tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) lingkup Dinas Pertanian (Distan) Lotim. Masing-masing berinisial Z, mantan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian. Kedua berinisial S, mantan anggota DPRD Lotim dan AM, menuai sorotan pengacara mantan anggota DPRD Lotim, Suhardi SH. 


Menurut dia, pada proyek yang bersumber dari bantuan Direktorat Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian pada Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2018, justru kliennya, sama sekali tidak pernah memperoleh keuntungan maupun manfaat dari peristiwa hukum tersebut. 


Terlebih, secara faktual mantan anggota DPRD Lotim inisial "S"dalam peristiwa hukum ini hanya sebagai pengusul dan bukan sebagai penerima manfaat maupun sebagai pejabat pengadaan.


Bahkan, dalam peristiwa ini, tersangka “S” sama sekali tidak memiliki niat jahat. "Niat jahat dalam rumpun common law sistem dikenal dengan “an act is not criminal in the absence of a guilty mind” atau dalam bahasa Latin disebut dengan “actus non est reus, nisi mens sit rea”. Yang juga berlaku dalam rumpun civil law sistem, yang dalam praktek hukum pidana, niat jahat sebagai kesalahan (schuld) dapat dinilai sebagai “geen straf zonder schuld beginsel” yang dimaknai sebagai tiada pidana tanpa kesalahan," jelas Suhardi dalam keterangannya pada wartawan, Rabu (5/10).


Pengacara yang berada dibawah bendera Platonic Law Firm itu, mendaku bahwa kliennya sejak proses sosialisasai terhadap program pemerintah pusat kepada kader PDI Perjuangan di Kabupaten Lombok Timur, justru ikut mendorong terbentuknya UPJA Lemor Maju di Desa Suela, Kecamatan Suela dan UPJA Cahaya Pelita di Kecamatan Pringgabaya.


Bahkan,  sampai dengan proses terdistribusinya, alsintan pada kelompok penerima sasaran oleh Dinas Pertanian setempat, justru sama  sekali tidak pernah memperoleh keuntungan maupun manfaat dari peristiwa hukum tersebut. 


"Apa yang dilakukan oleh klien kami, semata-mata dalam upaya untuk mendorong akses alat pertanian bagi kelompok tani serta sebagai bentuk tanggung jawab moral dalam kapasitasnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur yang sekaligus pada saat itu sebagai ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Lombok Timur," tegas Suhardi.


Ia mengatakan, jika merujuk kaidah hukum yang terdapat di dalam Pasal 373 huruf e UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR dan DPD RI,  bahwa Anggota DPRD kabupaten/kota selalu penyelenggara negara memiliki kewajiban untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat melalui mekanisme pembentukan kelompok tani. 


Bahkan sebagaimana diamanahkan UU Nomot 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani secara tegas disebutkan jika Petani berkewajiban bergabung dan berperan aktif dalam Kelembagaan Petani seperti  Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, Asosiasi Komoditas Pertanian, dan Dewan Komoditas Pertanian Nasional.


Suhardi menegaskan, langkah yang dilakukan kliennya, adalah semata-mata dalam upaya menjalankan perintah UU dalam kapasitas sebagai anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur, dalam rangka memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam mengakses Alat Pertanian. 


"Tapi, jika langkah itu, justru dipandang sebagai suatu peristiwa hukum yang menyebabkan kerugian negara senilai Rp 3 miliar lebih, sebagaimana Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara Nomor PE.03 / SR / LHP – 290 / PW 23 / 5 / 2002 tanggal 19 Juli 2022 Tentang Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara,  kami tetap menghormati dan menghargai proses penegakan hukum yang sedang dijalankan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Lombok Timur," ungkap dia. 


Hanya saja, lanjut Suhardi, sebagai bentuk dan sikap hukum terhadap sangkaan ini, pihaknya  telah menempuh  upaya keberatan maupun banding administratif  terhadap lahirnya Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara yang menjadi rujukan Kejari Lotim menetap status tersangka itu. 


Padahal secara faktual, seluruh alat mesin pertanian tersebut telah terdistribusi dan diterima oleh penerima manfaat. Yakni, tiga  Usaha Jasa Alsintan (UPJA) dan sebanyak 21 kelompok tani penerima manfaat yang berada di Kabupaten Lombok Timur. 


"Upaya keberatan dan banding administratif, sudah kami tempuh secara formil, sebagai bentuk penolakan terhadap perhitungan nilai kerugian negara yang dikeluarkan oleh BPKP Provinsi NTB yang kemudian dijadikan dasar bagi Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Lombok Timur dalam memperhitungkan nilai kerugian negara," tandas Suhardi. (R/L..).




TerPopuler