Semarak Pawai Taaruf Meriahkan Maulid Nabi Muhammad di Lingkungan Banjar Disambut Antusias -->

Semarak Pawai Taaruf Meriahkan Maulid Nabi Muhammad di Lingkungan Banjar Disambut Antusias

Sabtu, 22 Oktober 2022, Sabtu, Oktober 22, 2022

 

FOTO. Antusias para peserta pawai ta'aruf jamaah masjid Lingkungan Banjar 


MATARAM, BL - Pawai taaruf dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lingkungan Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram berlangsung meriah, Sabtu (22/10).


Ratusan warga, dari mulai orang tua, ibu-ibu, remaja hingga anak-anak antusias mengikuti kegiatan tahunan tersebut.


Selain itu, masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut juga larut dalam suka cita bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. 


"Alhamdulillah, para peserta pawai taaruf ini diikuti oleh kelompok pengajian atau majelis taklim, perwakilan Arista, pengurus masjid Al Muttaqin dan para warga lain di Lingkungan Banjar hingga TPQ yang ada di lingkungan Banjar. Mereka mengenakan seragam kelompok pengajian masing-masing. Serta, busana muslim," ujar Kepala Lingkungan Banjar, Syamsudin Fajar yang karib dipanggil Pak Onting.



FOTO. Kepala Lingkungan Banjar, Syamsudin Fajar yang karib dipanggil Pak Onting (kiri) didampingi Takmir Masjid Al-Muttaqin saat melepas pawai ta'aruf.


Pawai taaruf ini menarik perhatian masyarakat karena pesertanya hampir semuanya adalah warga lingkungan setempat. Iring-iringan pawai yang dilepas Kepala Lingkungan Banjar kian makin kental nafas syiar Islam. Serta, kuatnya persaudaraan antar tiga masjid di wilayah setempat. 


Sebab, para santri di Ponpes NW Nurul Jannah ikut hadir dengan menyuguhkan kesenian Islam, yakni Hadrah dan Marawis, sepanjang rute Pawai Taaruf.


"Yang membuat kami merasa bangga adalah, ibu-ibu Pengajian As-Syifa, TK. Aisyah, SD 7, TPQ AL-Fatah, TPQ Miftahul Jannah, para remaja dari tiga Masjid di Banjar, yakni Al-Muttaqin, Nurul Hadist dan Nurul Qamar juga hadir seluruhnya untuk tumpah ruah dalam kegiatan ini," ungkap Ketua Panitia Pawai Taaruf Lingkungan Banjar,  Tarmidzi. 


Suasana mendung selama pelaksanaan pawai tersebut seakan mendukung para peserta untuk mengelilingi Lingkungan Banjar, saat  menyelesaikan rute pawai. Meski ibu-ibu pengajian dan takmir masjid sebagian berusia lanjut, mereka tampak bersemangat untuk mengikuti pawai tersebut. 


"Esensi dari kegiatan dalam memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu meneladani dan mengamalkan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari. Makanya kenapa sepanjang rute perjalanan selalu dilantunkan sholawat nabi, itu tidak lain adalah upaya kita contoh dan teladani akhlak beliau dalam kita menjalani hidup," jelas Tarmidzi. 


FOTO. Para pengurus Arista saat bersama Kepala Lingkungan Banjar yang juga turut ikut serta dalam kegiatan pawai ta'aruf itu 


Dalam pawai itu, terpantau para peserta membawa berbagai atribut dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mulai spanduk hingga bendera.


Cuaca cukup mendukung karena tidak panas sehingga tidak terlalu membuat lelah peserta. (R/L..).

TerPopuler