Mobil Listrik UTS "Kaleang" Siap Mengaspal di Shell Eco Marathon 2022 -->

Mobil Listrik UTS "Kaleang" Siap Mengaspal di Shell Eco Marathon 2022

Selasa, 11 Oktober 2022, Selasa, Oktober 11, 2022


FOTO. Inilah mobil listrik karya UTS, Kaleang yang akan tampil membawa nama Provinsi NTB di ajang Shell Eco Marathon 2022.


MATARAM, BL- Mobil listrik Tim Ngebuts Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Kaleang, siap diterjunkan untuk mengikuti ajang kompetisi Shell Eco Marathon 2022.


Balap mobil hemat energi berskala internasional itu akan diselenggarakan di sirkuit Pertamina Mandalika International Street atau Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), pada 11-15 Oktober 2022.


Mobil listrik Kaleang merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dengan berbasis baterai


Ketua Tim Ngebuts, Ahmad Jaya, mengatakan, keikutsertaan pihaknya dalam ajang Shell Eco Marathon Indonesia 2022, adalah dalam rangka mendukung penciptaan kendaraan hemat bahan bakar di Indonesia, Utamanya di Provinsi NTB


Karena itu, sejak jauh-jauh hari Tim UTS, telah mempersiapkan segala sesuatu dan komponennya untuk mengikuti ajang lomba mobil listrik tersebut. 


"Yang pasti, ini baru pertama kali kami ikut. Apalagi provinsi NTB juga menjadi tuan rumahnya tahun ini. Tapi,  Insya Allah, saat ajang Shell Eco Marathon tahun 2023, kita akan buat kendaraan mobil listrik yang memiliki spesifikasi lebih lengkap lagi dari yang ada sekarang," ujar Jaya pada Berita Lombok.net, Selasa (11/10).


Karya mobil listrik Kaleang memiliki spesifikasi kecepatan mencapai 40 kilometer/jam, dengan jarak tempuh 100 kilometer. Sedangkan, lama pengisian baterainya adalah maksimal 7 jam.


"Kelebihan mobil listrik karya UTS dengan kampus lainnya adalah, mampu menghemat bahan bakar setara Rp 5.700 untuk 100 kilometer," kata Ahmad Jaya. (R/L..).

TerPopuler