Seminggu Persiapan, Event Cross Country Samota 2022 di Sumbawa Dibanjiri Peserta Luar Negeri dan Nasional -->

Seminggu Persiapan, Event Cross Country Samota 2022 di Sumbawa Dibanjiri Peserta Luar Negeri dan Nasional

Minggu, 17 Juli 2022, Minggu, Juli 17, 2022

 

FOTO. Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat melepas para pebalap pada ajang Event Cross Country Samota 2022 di Kabupaten Sumbawa.






MATARAM, BL — Sejumlah pebalap dunia papan atas dan nasional menghadiri event Cross Country Samota 2022, di Kabupaten Sumbawa, Minggu (17/7).


Sejumlah pebalap dunia itu, yakni Nick Murray, asal Negara Australia. Sementara, pebalap nasional, yakni Doni Tata Pradita (pebalap Moto 2). Serta, pemenang Motorcross PON 2021 Papua, yakni Nakami Vidi Makarim.


Hadirnya para pebalap papan atas dunia dan nasional tersebut, turut menambah antusiasme, para peserta dan penonton Event Cross Country Samota 2022 yang dibuka oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah tersebut. 


Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, bahwa kehadiran Sirkuit Samota di Kabupaten Sumbawa, hal ini dapat menjadikan Pulau Sumbawa sebagai pusat Motor Trail di Indonesia.


“Dengan adanya Sirkuit Samota, kita optimis Sumbawa akan menjadi pusat motor trail di Indonesia,”tegas Gubernur.


Menurut Bang Zul, panggilan akrab gubernur NTB itu, dengan banyaknya event motocross di NTB, ia menghendaki agar masyarakat NTB harus memulai memproduksi segala macam aksesoris yang berkitan dengan motor trail.


“Bisa dimulai dari produksi baju, celana, sepatu trail hingga nanti jauh kedepan masyarakat NTB dapat memproduksi motor trail sendiri. Semua itu, tentu akan  berdampak positif bagi ekonomi di daerah Sumbawa," ujar Gubernur. 


Ia tak lupa meminta pada Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan stakeholder terkait, agar sirkuit ini tak hanya dijaga tetapi dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.


Di mana, agar sirkuit kelihatan lebih indah, tentunya perlu dijaga dan ditumbuhi pepohonan.


"Saya ingin agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat Sumbawa bahkan nasional hingga internasional,” ucap Gubernur. 


Sementara itu, Koordinator Lapangan Event Cross Country Samota 2022, Jamaluddin, mengatakan hadirnya pembalap ini adalah salah satu daya tarik event kali ini. Padahal, pihaknya hanya punya waktu satu satu minggu untuk mempersiapkannya.


Namun, tercatat lebih dari seribu peserta turut serta dalam ketiga kegiatan tersebut.


“Alhamdulillah, meski hanya seminggu kita persiapkan tapi ibuan peserta dari berbagai negara dan provinsi di Indonesia,  sangat antusias. Yang utama, dengan mereka menjajal sirkuit secara langsung, sehingga crosser-crosser lokal, akan dapat menimba ilmu pada mereka," kata Jamaluddin 


Terpisah, pembalap MXGP asal Australia, Nick Murray, mengaku, sangat senang menjajal kembali sirkuit Samota.  Terlebih dalam event lokal yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa ini, dirasa sangat menyita dirinya untuk kembali datang ke Kabupaten Sumbawa.


“Saya sangat senang kembali lagi ke sirkuit Samota dan mencoba lagi sirkuit ini, tentu kali ini tanpa tekanan sehingga saya menikmatinya,” kata Nick Murray. 


Event Cross Country Samota 2022 dirangkai dengan beberapa kegitan diantaranya Funbike, Trabas Lintas Samota hingga Parade Vespa. Terdapat juga pembagian doorprize dengan berbagai macam hadiah yang menarik. (R/L..).

TerPopuler