Pertahankan Image Sport Tourism Destination, ITDC dan Tastura Skate Helat Go Skateboarding Day 2022 di Mandalika -->

Pertahankan Image Sport Tourism Destination, ITDC dan Tastura Skate Helat Go Skateboarding Day 2022 di Mandalika

Rabu, 22 Juni 2022, Rabu, Juni 22, 2022

 


FOTO. Inilah puluhan peserta "Go Skateboarding Day 2022" yang akan  mempertunjukkan sejumlah aksi dan trik skateboardingnya di kawasan Mandalika



MATARAM, BL- Sebanyak 60 peserta yang merupakan atlet skate boarding mengikuti kejuaraan "Go Skateboarding Day 2022" di kawasan Mandalika yang dikelola ITDC di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng).

Di inisiasi Tastura Skate, kegiatan perlombaan yang dihelat untuk memperingati hari Skateboard yang serentak dilaksanakan di seluruh dunia pada Selasa (21/6) itu, digelar di Bazaar Mandalika dan Kuta Beach Park di kawasan KEK Mandalika. 

Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, mengatakan kejuaraan itu terbagi pada tiga kelompok umur, yakni 6-10 tahun, 11-20 tahun, dan 21-30 tahun.

Di mana, para skaters menampilkan sejumlah trik menarik seperti best truck drop in, best trick bowl, fun games dan long ollie. 

"Selain itu, para skaters juga melakukan long march dimulai dari Bazaar Mandalika menuju Kuta Beach Park," ujar Bram pada wartawan dalam siaran tertulisnya, Rabu (22/6).

Ia mendaku, pihaknya sebagai pengelola The Mandalika, mengaku bangga, bisa memfasilitasi penyelenggaraan event Skate boarding tingkat regional yang mengundang komunitas lokal ini. 

Apalagi, kawasan Mandalika, tidak hanya menjadi lokasi penyelenggaraan event bergengsi berstandar internasional dan nasional seperti yang telah berlangsung dalam beberapa tahun ini. Namun, Mandalika juga sudah siap menjadi venue bagi event-event olahraga berskala regional. 

"Penyelenggaraan event Skate boarding ini kamu dukung, tidak lain untuk memajukan komunitas lokal dalam mengekspresikan kreativitas dan meningkatkan kemampuannya, sesuai dengan penerapan konsep 5 C yang diusung di Bazaar Mandalika, yakni Commerce, Culture, Creativity, Culinary, Community," jelas Bram. 

ITDC, lanjut dia, selalu berkomitmen untuk mendukung komunitas-komunitas lokal untuk mengekspresikan kreativitasnya dan meningkatkan kemampuannya. 

"Hal ini juga menjadi alasan kami memberikan kesempatan bagi para komunitas lokal untuk unjuk gigi di kawasan The Mandalika, khususnya Bazaar Mandalika,” kata Bram.

Sebelumnya, ITDC telah merangkul kegiatan-kegiatan yang melibatkan dan memberdayakan komunitas lokal melalui program Community Collaboration, khususnya bagi komunitas yang berada di dalam dan sekitar Kawasan The Mandalika. 

Komunitas lokal tersebut adalah komunitas-komunitas yang bergerak pada bidang kesenian, kebudayaan, lingkungan, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Sementara itu, Ketua komunitas Skaters NTB Andrea, mengatakan pihaknya, mengucapkan terima kasih kepada ITDC yang telah mewadahi para skaters untuk mencurahkan kreativitasnya pada salah satu olahraga permainan yang menarik ini. 

"Kami ingin semakin meningkatkan kesadaran publik terhadap eksistensi dan keunikan dari olahraga skate boarding," ucap dia.

Kuta Beach Park, area dimana para peserta Go Skateboarding Day 2022 mempertunjukkan sejumlah aksi dan trik skateboarding long ollie, merupakan kawasan terbuka publik dengan kelengkapan infrastruktur jalan berupa paving block dan fasilitas penunjang sepanjang 1,4 km dengan pemandangan Pantai Kuta. 

Area ini juga menyediakan panggung yang bisa dipergunakan untuk penyelenggaraan sejumlah event kesenian, pariwisata, hingga olahraga.

Dapat diketahui, selain penyelenggaraan event otomotif yang terlaksana di Pertamina Mandalika Circuit, area lainnya di Kawasan The Mandalika juga telah menjadi lokasi penyelenggaraan event-event olahraga seperti Mandalika Ultra Trail 100 pada 2021, L’Etape pada 2022, Kejurnas Adventure Offroad 2022 dan dalam waktu dekat adalah World Body Building Championship pada November 2022.

Bram menambahkan, bahwa melalui penyelenggaraan event-event serupa bisa semakin memperluas pengetahuan publik mengenai ragam olahraga yang bisa dilakukan dan terlaksana di The Mandalika, sehingga semakin memperkuat promosi brand image The Mandalika sebagai Sport Tourism Destination.

Di mana, kata dia, para atlit tidak hanya menikmati aktivitas berolahraga, melainkan juga pemandangan yang indah di The Mandalika. 

"Selain itu, penyelenggaraan-penyelenggaraan event unik seperti Go Skate boarding Day diharapkan dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok, khususnya The Mandalika,” tandas Bram. (R/L..).

TerPopuler