Buka Tabir Inspirasi antara Pembaca dengan Buku Hidup melalui Pelatihan Human Library -->

Buka Tabir Inspirasi antara Pembaca dengan Buku Hidup melalui Pelatihan Human Library

Selasa, 05 Maret 2024, Selasa, Maret 05, 2024

 

FOTO. Suasana Pelatihan Human Library Pertama di NTB yang berlangsung di  Desa Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur. 













MATARAM, BL -  Suatu peristiwa bersejarah mewarnai bulan Maret ini di Provinsi NTB yakni, terselenggaranya Pelatihan Human Library pertama di wilayah ini.


Berlokasi di Lembah Hijau, Desa Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, pelatihan ini membuka lembaran baru dalam memperkaya wawasan dan mempromosikan dialog lintas budaya.


Acara ini diselenggarakan dengan keberhasilan yang luar biasa, dengan 20 relawan pembaca terpilih dari berbagai daerah, mulai dari Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, hingga Sumbawa Barat.


Mereka dipilih melalui proses daring yang ketat yang mensyaratkan mereka untuk menulis esai, menampilkan keunikan dan minat mereka dalam membawa keberagaman pengalaman manusia kepada masyarakat.


Adapun pengisi materi dan praktik langsung tentang Human Library di isi oleh Aria Solihin. Aria adalah pendiri Sanggar Baca Bhavana.


Sementara itu, Azizatul Adni, M.Psi., Psikolog pendiri Bale Psikologi, memberikan pembekalan tentang komunikasi efektif, yang merupakan kunci penting dalam menjalankan peran sebagai pembaca buku. 


Sedangkan, Lalu Abdul Fatah, penulis dan pendiri Perpustakaan Lembah Hijau, memberikan panduan tentang menulis esai reflektif.


Tidak hanya itu, 20 narasumber buku hidup dari berbagai latar belakang profesi turut ambil bagian dalam acara ini. 


Mereka yakni, pengusaha, ASN, pustakawan, sutradara, guru TK, desainer grafis, blogger, mahasiswa disabilitas, hingga nelayan, setiap narasumber membawa cerita hidup yang menginspirasi, memperkaya pemahaman tentang beragam realitas sosial dan budaya. 


Melalui obrolan yang penuh makna, mereka berbagi pengalaman hidup mereka dengan pembaca buku, menciptakan ikatan yang erat dan memberikan pencerahan bagi yang mendengarkannya.


Hasil dari obrolan yang diolah oleh para relawan pembaca akan dijadikan sebuah kumpulan esai reflektif yang akan diterbitkan, sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas. 


Langkah ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca untuk terlibat dalam dialog budaya yang lebih dalam dan inklusif.


Acara ini merupakan hasil kerja sama yang erat antara Lembaga Sinergi Analitika, Perpustakaan Lembah Hijau, dan Jejak Aksara Publisher, didukung oleh berbagai lembaga dan komunitas lokal, seperti: Sanggar Baca Bhavana, Kelas Menulis Tepi Danau, Selaswara, Keluarga Nomaden, dan Sekolah Literasi Rinjani. (R/L..).

TerPopuler