Rannya Ajak Kalangan Muda Jangan Golput di Pileg dan Pilpres 2024 -->

Rannya Ajak Kalangan Muda Jangan Golput di Pileg dan Pilpres 2024

Jumat, 17 November 2023, Jumat, November 17, 2023

 

FOTO. Rannya Agustyra Kristiono.












MATARAM, BL  - Tidak banyak politisi muda yang menjadi wakil rakyat dari Dapil Pulau Lombok pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Diantara yang sedikit itu ada nama Rannya Agustyra Kristiono, putri almarhum anggota legislatif dapil Pulau Lombok H Bambang Kristiono (HBK) . 


Dara yang akrab disapa Rannya ini terus mendorong, partisipasi politik dari kaum muda pada pemilihan presiden (Pilpres) maupun pileg 2024 mendatang. Itu pula yang mendasarinya kerap menggelar acara bersama kalangan milenial maupun generasi zilenial atau Gen Z. 


"Saya juga anak muda, mewakili anak muda dalam politik. Jadi ingin anak muda yang lain menggunakan hak politiknya, " katanya, Jumat 17 November 2023.


Rannya yang dikenal di publik dengan julukan Sang Penerus HBK ini pun secara khusus mengundang anak-anak muda ke markas pemenangan Prabowo-Gibran di Jalan Kulintang, Kota Mataram. Ia bincang ringan dan mendiskusikan politik di kalangan muda. 


"Daerah kita, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa butuh partisipasi kaum muda. Makanya, penting kita (anak muda) saling berkolaborasi, " sambungnya. 


Di Provinsi NTB sendiri, kata Rannya, pemilih pemula baik generasi milenial dan Gen Z dalam pilpres dan pileg 2024 mendatang, jumlahnya mencapai 2,1 juta orang. Pemilih di Provinsi NTB sendiri diperkirakan ada 3,9 juta orang. 


"Artinya lebih dari setengah pemilih itu anak muda, kita yang muda-muda jangan golput karena anak muda ikut menentukan kemana arah kemajuan daerah ini, " ujarnya. 


Rannya mengajak, kalangan muda sadar penuh bahwa suara mereka memiliki arti meskipun mereka menjadi pemilih pemula, mereka akan merasa dengan memberikan suara mereka, mereka telah mengambil bagian dalam proses demokrasi. Ia pun mengajak, mengenali, dan menggali makna tentang politik. 


"Ini juga bagian dari menyongsong Indonesia emas 2045, dimana masa itu anak-anak muda yang akan mendominasi Indonesia, " ucapnya. 




*Gibran Cawapres Menarik Kalangan Muda



Bagi Rannya, hadirnya Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberi pengaruh pada pemilih pemula. Mereka mulai menyampaikan ketertarikan politik pada dirinya. 


"Mas Gibran dianggap wajah dari anak muda saat ini. Saya banyak mendapat dukungan juga, " kata Caleg Partai Gerindra dapil Pulau Lombok nomor urut 2 ini. 


Rannya menyebut, bagi kalangan muda digitalisasi cukup berpengaruh terutama untuk kepentingan sosialisasi dan kampanye pemilu agar awareness anak muda dapat tercipta dengan pemikiran yang baik terhadap politik. Dan ia melihat, Prabowo-Gibran sanggup menunjukkan hal itu. 


"Politik positif, menyenangkan dan tidak saling menyerang itu pasti didukung anak muda, " ucapnya. 


Jebolan Brunnel University, Inggris ini menambahkan, ia yang menjadi wakil dari kalangan muda di parlemen pun tengah terus menggagas kegiatan bersama anak muda. Merencanakan kegiatan positif yang memberi ruang anak muda dan bermanfaat bagi daerah. 


"Anak muda yang paham dengan kebutuhan anak muda. Jadi memilih anak muda ya tujuannya untuk kepentingan anak muda," tandas Rannya. (R/L..).

TerPopuler