Sukses Layani MotoGP Mandalika 2023, Menteri BUMN-Menpar Sandiaga dan Pj Gubernur NTB Apresiasi Kinerja PLN -->

Sukses Layani MotoGP Mandalika 2023, Menteri BUMN-Menpar Sandiaga dan Pj Gubernur NTB Apresiasi Kinerja PLN

Senin, 16 Oktober 2023, Senin, Oktober 16, 2023

 

FOTO. Menteri BUMN Erick Thohir saat berdiskusi dengan Pj Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi (kanan) saat mewakili Presiden Jokowi menghadiri final race MotoGP Mandalika 2023. 















MATARAM, BL - Ajang balap bergengsi, MotoGP Mandalika 2023 berhasil dihelat dengan sukses dan PT PLN (Persero) turut andil dalam mengawal kesuksesan gelaran tersebut melalui layanan listrik yang andal.


Menteri BUMN, Erick Thohir yang hadir secara langsung di sirkuit Mandalika, ia dengan tulus mengungkapkan penghargaan dan apresiasinya terhadap PLN atas peran pentingnya dalam mengawal pasokan listrik tetap aman. Ia juga mengajak insan PLN untuk bisa terus melahirkan listrik hijau untuk Indonesia.


“Kepada rekan-rekan PLN, tetap semangat, terima kasih kerja kerasnya. Ayo, lahirkan listrik hijau (green energy) untuk Indonesia,” kata Erick dalam siaran tertulisnya, Senin 16 Oktober 2023. 


Apresiasi juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno yang hadir dalam gelaran tersebut secara khusus mengapresiasi kerja keras PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal untuk mendukung MotoGP Mandalika 2023.


“Wah, kelistrikan PLN terbaik, alhamdulillah tidak ada gangguan selama pelaksanaan. Ini berkat kerja keras yang luar biasa. Terima kasih, PLN,” ucapnya bersemangat.


FOTO. Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan keris pada juara 2 Moto GP Manfakika 2023, Maverick Vinales. 



Sementara itu, Pejabat Gubernur Provinsi NTB, H.Lalu Gita Ariadi,  juga turut mengapresiasi peran utama PLN dalam menghadirkan listrik andal dan tanpa kedip sehingga perhelatan MotoGP Mandalika dapat sukses dilaksanakan.


“Atas nama Pemerintah Provinsi NTB kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas PLN yang telah menjadi garda terdepan dan memberikan dukungan luar biasa," kata pria yang akrab disapa Miq Gita tersebut.


Miq Gita menyebut kolaborasi ini dibutuhkan untuk mendukung NTB menjadi destinasi sport tourism di masa-masa mendatang yang akan mengangkat kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan daerah dan kemudahan berinvestasi di NTB.


Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan MotoGP dengan listrik yang andal ini menjadi wujud komitmen PLN mendukung seluruh event internasional yang dihelat di Indonesia. 


PLN sejak awal telah memastikan keandalan pasokan listrik, mulai dari kesiapan pembangkit, transmisi, distribusi, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), hingga kesiapan personel dalam ajang balap motor penuh adrenalin tersebut.


“Kami sangat bangga bisa turut serta berpartisipasi menyukseskan gelaran MotoGP untuk kali kedua yang diselenggarakan di Indonesia dengan listrik yang andal dan tanpa kedip,” kata Darmawan.



*Komit Layani Listrik Prima dan Andal 


Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) Sudjarwo mengatakan bahwa sejak awal, PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan kelistrikan yang andal dan prima selama perhelatan MotoGP.


Ia lantas menyebutkan bahwa perhelatan MotoGP tahun ini memang agak berbeda dengan pelaksanaan event sebelumnya. Kondisi terik dan panas menjadikan pertumbuhan beban pemakaian listrik menjadi sangat berfluaktif. 


Hal ini disebabkan karena adanya perlakuan khusus Tim Pebalap terhadap peralatan mereka untuk mengkondisikan suhu yang cukup ekstrim di sirkuit Mandalika.  


Tercatat realisasi pemakaian beban tertinggi pelaksanaan MotoGP tahun 2023 di sirkuit Mandalika sebesar 2.403 kW, terdapat kenaikan sebesar 22 % dari tahun sebelumnya. Menyikapi hal ini, PLN telah menyiapkan pengamanan berlapis. PLN telah mensiagakan 18 unit Genset, 19 unit UPS Mobile, 9 Unit Gardu Bergerak & 18 unit Automatic Transfer Switch (ATS), serta kesiapan personil 180 orang dengan didukung sarana 25 unit mobil dan 12 unit motor.


"Kami sangat gembira dapat berkontribusi dalam kesuksesan ajang MotoGP Mandalika 2023 ini. PLN telah bekerja keras untuk memastikan bahwa pasokan listrik di area sirkuit dapat berjalan dengan sempurna dan alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Kelistrikan sirkuit Mandalika telah sukses kami amankan hingga berakhirnya race di hari ketiga kemarin," kata Djarwo.


"Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk dengan pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGP adalah kunci keberhasilan kami menghadirkan listrik andal di sirkuit Mandalika ini. Siaga PLN untuk kelistrikan MotoGP kami pantau secara riil time melalui dasboard monitoring. Electric Grid Dashboard for MotoGP karya insan PLN NTB inilah yang menyebabkan tim teknis dari pihak Dorna sering berkunjung ke posko PLN untuk memantau secara langsung pertumbuhan beban pemakaian listrik, tidak ada kendala dalam komunikasi kami" ujar Djarwo.


Dengan suksesnya gelaran MotoGP ini, tentunya membawa dampak positif, tidak hanya geliat ekonomi, tapi berdampak pada semua sektor. Keberhasilan ini adalah hasil dari kolaborasi yang kuat antara semua pihak yang terlibat.


"Terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah mendukung PLN. Kami akan terus berupaya menghadirkan pelayanan yang terbaik, untuk NTB gemilang," tandas Djarwo. (R/L..).

TerPopuler