Target Rebut Pimpinan Dewan di NTB, PAN Siap Deklarasi Usung Lalu Gita jadi Cagub di Pilgub 2024 -->

Target Rebut Pimpinan Dewan di NTB, PAN Siap Deklarasi Usung Lalu Gita jadi Cagub di Pilgub 2024

Selasa, 24 Oktober 2023, Selasa, Oktober 24, 2023

 

FOTO. HM. Muazzim Akbar. 












MATARAM,  BL - Dewan Pimpinan Wilayah  (DPW) Partai Amanat Nasional menargetkan merebut dua kursi DPR RI untuk dua daerah pemilihan (Dapil) di Pileg 2024.


Tak hanya itu, dari sebanyak 58 dapil di 10 kabupaten/kota dan delapan dapil di DPRD Provinsi NTB, juga ditargetkan merebut kursi pimpinan DPRD. 


Ketua DPW PAN NTB, HM. Muazzim Akbar mengatakan, bahwa target yang sudah ditetapkan ini, didasarkan pada performa dan kompetensi para bakal calon legislatif (Bacaleg) yang diturunkan di Pemilu 2024. 


Di mana, para bacaleg ini memiliki tingkat ketokohan dan elektabilitas yang cukup mumpuni di tengah-tengah masyarakat.


"Umumnya, para bacaleg PAN ini sudah kita simulasikan dan hari ini, mereka sudah juga bekerja melalu program pencalegan dini. Serta, mereka sudah melakukan sosialisasi secara masif di masyarakat yang hasilnya cukup baik hingga kini," ujar Muazzim pada wartawan, Senin 23 Oktober 2023. 


Menurut dia, dari simulasi dan pemetaan yang sudah dilakukan pihaknya, justru tingkat elektabilitas para bacaleg PAN sangat baik. 


Karena itu, pihaknya optimis jika target yang sudah ditetapkan itu dapat direalisasikan di Pemilu 2024. 


"Khusus dapil DPR RI untuk NTB-2 (Pulau Lombok), saya sendiri ikut bertarung dengan didampingi para bacaleg yang mantan Kakanwil Kemenag NTB (Nasrudin), Mantan Bupati Lobar (HM. Muazzim Akbar) dan mantan Anggota DPR RI (Lalu Gede Syamsul Mujahidin). Juga ada Pak Rektor serta pengusaha. Insya Allah, kita optimis bisa merebut kursi DPR RI untuk dapil Pulau Lombok menggenapi kursi DPR RI dapil NTB-1 yang sudah ada calon petahana, Muhamad Syafruddin," jelas Muazzim.


Ia memastikan, perekrutan bacaleg PAN di Pemilu 2024 dilakukan dengan cermat. Serta, disesuaikan dengan komposisi kewilayahan. 


Sebab, lanjut Muazzim, PAN sudah memiliki pengalaman yakni, mampu menjadi pimpinan DPRD di empat kabupaten/kota di Pulau Sumbawa dari lima kabupaten di wilayah tersebut.


Karena itu, akomodir ketokohan lokal menjadi fokus PAN dalam mengisi slot para bacaleg seusai alokasi kursi di dapil masing-masing. 


"Prinsip di PAN ini, kursi sudah tersedia. Silahkan berkompetisi dengan sehat. Saya saja, enggak pernah takut bersaing dengan siapapun. Malah saya suport para caleg PAN untuk sama-sama bekerja bersama-sama. Ini agar kursi partai bisa aman terlebih dahulu, baru kita bicara siapa yang jadi dan dilantik," tegas dia. 


Menyinggung soal Pilkada Gubernur NTB 2024 yang akan dimajukan pada September. Muazzim melanjutkan bahwa pihaknya memastikan akan mengusung penjabat (Pj) gubernur HL. Gita Ariadi. 


Bahkan, PAN akan mendeklarasikan Gita Ariadi manakala PAN bisa menjadi pemenang Pemilu 2024 di NTB. 


Hal ini, lantaran PAN belum memiliki figur yang dapat diusung sebagai calon gubernur. "Kecuali jika Pilkada Serentak 2024, mulai bupati hingga wali kota, baru kita akan usung kader sendiri tapi jika Pilkada Gubernur, insyaallah kita akan deklarasikan Lalu Gita Ariadi sebagai calon gubernur dari PAN untuk Pilgub 2024," tandas Muazzim Akbar. (R/L..).

TerPopuler